get app
inews
Aa Read Next : Uskup Agung Kupang Berbagi Cerita dengan Alumni TOR Lela Tahun 1989

Secercah Asa dari Pertamina di Balik Lika-liku UMKM Terdampak Covid dan Seroja

Sabtu, 07 Oktober 2023 | 11:56 WIB
header img
Yuni Frida Djen Penu, warga asal Jalan M. Praja, RT 022/Rw.007 kelurahan Alak, Kecamatan Alak Kota Kupang saat sedang mengolah Abon ikan Tuna. Foto: iNewsTTU.id/Sefnat

KUPANG, iNewsTTU.id--Laju sepeda motor keluaran tahun 2000 yang dikemudikan seorang perempuan paruh baya terlihat berusaha menerobos hilir mudik kendaraan di kota Kupang Nusa Tenggara Timur pagi itu. 

Arus kendaraan pagi itu cukup ramai, tak seperti biasanya sepi, nampak perempuan berusia 38 tahun itu memacu kendaraan roda duanya yang sudah termakan usia dengan tersendat-sendat di antara laju kendaraan elit.

Dia adalah Yuni Frida Djen Penu, warga asal Jalan M. Praja, RT 022/RW.007 kelurahan Alak, Kecamatan Alak, Kota Kupang, NTT.

Yuni, perempuan murah senyum itu mengawali aktifitas setiap harinya mengambil ikan tuna menggunakan sepeda motor tua miliknya di pabrik perikanan di Alak sebagai bahan baku pembuatan Abon ikan.

Saat ditemui disela-sela kesibukannya, Yuni mengisahkan, pekerjaan ini sudah ia tekuni sejak Tahun 2013 silam. Ia terinspirasi saat tergabung dalam kelompok bentukan program International Fund For Agricultural Development atau IFAD.

Program tersebut saat itu merupakan program dari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) melalui IFAD yang berkolaborasi dengan Dinas Perikanan Kota Kupang pada tahun 2013 silam.

Berdasarkan pengalaman yang diperoleh saat bergabung dalam program yang didanai IFAD, Yuni kemudian mulai mengembangkan usaha khusus pembuatan Abon. 

Ia meyakini, usaha pembuatan Abon dari ikan tuna bisa menopang ekonomi keluarganya saat itu.

Hari demi hari ia lalui dengan penuh senyuman. Awalnya usaha abon ikan berjalan lancar tanpa kendala apa-apa, namun makin hari makin menurun penghasilannya.

Hingga tujuh Tahun pun berlalu, ancaman ketidakstabilan dalam ekonomi keluarganya sudah nampak di depan mata.

Editor : Sefnat Besie

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut