get app
inews
Aa Read Next : Wisatawan Asal Republik Ceko Nyaris Tenggelam di Pantai Parangtritis, Ini Sebabnya

Ribuan Pelajar Tampilkan Potensi dan Karakter dalam Parade Budaya Perayaan HUT Kota Jogja

Rabu, 04 Oktober 2023 | 13:57 WIB
header img
Perayaan HUT Kota Jogja, Pelajar Gelar Parade Budaya Sekaligus Pengembangan Karakter dan Potensi. Foto: istimewa

YOGYAKARTA, iNewsTTU.id -Ribuan pelajar Tampilkan Potensi dan Karakter dalam Parade Budaya 
Perayaan HUT Kota Jogja yang ke-267 tahun 2023.

Peringatan hari ulang tahun atau HUT Kota Jogja ke-267 dimeriahkan oleh kirab budaya yang digelar berturut-turut selama beberapa hari. Kegiatan itu bertujuan agar peringatannya tidak hanya terpusat pada tanggal 7 Oktober saja.

Seperti terlihat di sekitar salah satu tempat ikon Kota Yogyakarta di Tugu Pal Putih, Rabu (4/10/2023), kirab budaya diikuti ratusan pelajar dari berbagai sekolah yang mengenakan pakaian adat Jawa hingga kostum tokoh pewayangan. Tampak pula beberapa dari mereka menenteng hasil bumi berupa sayur-mayur hingga gunungan dari aneka makanan ringan.

Penjabat (Pj) Walikota Jogja, Singgih Raharjo mengatakan kirab budaya ini berlangsung sejak Senin hingga Kamis, 2-5 Oktober 2023.

"Kirab budaya pelajar ini memang sengaja dibagi beberapa hari. Jadi hari ini Kemantren (Kecamatan) mana dan besok Kemantren mana, biar menuju puncak acara tanggal 7 setiap hari terasa semaraknya," kata Singgih kepada wartawan, Rabu (4/10/2023).

HUT ke-267 Kota Yogyakarta mengusung tema 'Tatag, Teteg, Tutug'. Singgih menjelaskan, tema itu bermakna konsistensi dalam menyambut pemulihan ekonomi setelah pandemi COVID-19.

"Untuk puncak acara HUT ke-267 Kota Jogja yaitu tanggal 7 Oktober, ada Wayang Jogja Night Carnival (WJNC) yang mengangkat tema Pandawa Mahabisekha dan diikuti 14 Kemantren se-Kota Jogja," ucap Singgih.

Salah satu sekolah yang berpartisipasi dalam kirab budaya hari ini berasal dari Kemantren Jetis. Kepala Sekolah SDN Jetis 1 Jogja, Suwarti mengatakan kirab kali ini bertujuan mengembangkan karakter anak sekaligus mengenalkan budaya Jogja.

"Dari kami ada 314 (murid) yang terlibat, dan karnaval kali ini kita kenalkan aneka khas dari Jogja. Jadi tiap kelas ada logo masing-masing seperti gudeg, wayang, hingga Malioboro," ujarnya.

Perayaan HUT Kota Jogja, Pelajar Gelar Parade Budaya Sekaligus Pengembangan Karakter dan Potensi
Salah satu peserta kirab, Zefa mengaku sudah beberapa kali ikut dalam kirab HUT Kota Jogja. Siswi kelas 6 SDN 1 Jetis ini mengaku senang bisa ikut kirab, berjalan-jalan sambil bernyanyi dengan teman-temannya.

Kepala Sekolah SMPN 6 Jogja Dwi Isnawati menjelaskan, persiapan karnaval pelajar di sekolahnya melibatkan para orang tua murid dan juga komite sekolah, sehingga setiap kelas memutuskan sendiri pakaian dan atribut yang dipakai.

"Ini juga jadi pembelajaran yang sesuai dengan era kurikulum merdeka," katanya.

Menurut Dwi, dalam karnaval ini murid tidak hanya sebatas tampil dengan atribut pelengkap dan memeriahkan hari jadi Kota Jogja saja, melainkan ikut menikmati proses pembelajaran yang muncul di dalamnya berupa pengembangan kerja sama antar murid, melatih nalar kritis dan lain sebagainya.

"Pesannya karnaval ini bukan selebrasi biasa tapi jadi ajang pembelajaran yang penuh makna, sehingga karakter mulia mereka menjadi pelajar Pancasila bisa terwujud," ujarnya.

Editor : Sefnat Besie

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut