get app
inews
Aa Read Next : Pengamat Analisa Prabowo-Gibran Rawan Tersandra Kelompok Oligarki

Pengamat: Ada Upaya Kuat dari Ganjar Atasi Kemiskinan di Jateng

Sabtu, 02 September 2023 | 19:10 WIB
header img
Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo saat diwawancarai oleh awak media. Foto: ist

JOGJA, iNewsTTU.id--Pengamat politik Ade Reza Haryadi menilai Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo sudah berupaya keras mengatasi persoalan kemiskinan di provinsi tersebut.  Ia menyebut Ganjar telah meluncurkan beragam program yang menunjukkan keberpihakan kepada masyarakat kurang mampu.

"Kalau kita lihat program-program Pak Ganjar yang sudah berjalan dan ditujukkan keberpihakkan kepada masyarakat kurang mampu. Sebetulnya, ada upaya cukup kuat untuk mengatasi kemiskinan di Jateng," kata Reza dalam keterangannya, Sabtu (2/9/2023).

Semasa kepemimpinannya, tercatat ada sejumlah program yang diluncurkan Ganjar dalam mengatasi kemiskinan di Jateng, semisal Kartu Jateng Sejahtera, aplikasi Silap (Sistem Pelaporan Online) Corporate Social Responsibility (CSR), dan Tuku Lemah Oleh Omah atau beli tanah dapat rumah.

Lebih lanjut, Reza mengatakan, dalam momentum berakhirnya masa jabatan Ganjar sebagai gubernur pada 5 September 2023, politisi PDI-Perjuangan itu disarankan untuk menyampaikan laporan capaian, prestasi, dan kinerja selama memimpin Jateng.

"Saya kira itu penting dan sekaligus itu bisa menjadi saranan mengklarifikasi hal-hal yang selama ini muncul sebagai isu publik tentang bagaimana kinerja Pak Ganjar di dalam mengatasi kemiskinan dan ketimpangan di Jateng," ucap dia.

Menurut Reza, kalaupun ada hal-hal yang belum bisa direalisasikan Ganjar selama menjadi gubernur, maka itu juga dapat disampaikan kepada masyarakat di Jateng. Jika ada yang dipandang sebagai kelemahan, maka hal itu yang perlu diperbaiki.

Reza mengatakan, di momen berakhirnya masa tugas sebagai kepala daerah, Ganjar juga dapat menyampaikan kepada publik langkah-langkah inovatif apa yang dibawa kalau terpilih sebagai presiden. Untuk diketahui, saat ini Ganjar sudah diusung PDI-P sebagai calon presiden di pemilihan 2024.

Editor : Sefnat Besie

Follow Berita iNews Ttu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut