get app
inews
Aa Read Next : Tips Mengatasi Demam dalam 24 Jam di Tengah Cuaca Tidak Menentu

Pengamat Sebut Ganjar Unggul di Bidang Pangan dan Lingkungan

Kamis, 28 September 2023 | 13:58 WIB
header img
Pengamat Sebut Ganjar Unggul di Bidang Pangan dan Lingkungan. Foto: ist

JAKARTA, iNewsTTU.id--Gagasan dan program yang ditawarkan oleh calon presiden potensial, seperti Ganjar Pranowo, selalu menjadi perhatian penting dalam konteks pemilihan presiden.

Pengamatan politik Ade Reza Hariyadi dari Universitas Indonesia (UI) menyebutkan bahwa Ganjar Pranowo memiliki unggulan dalam dua aspek utama, yaitu pangan dan lingkungan.

"Pertama soal pangan dan kedaulatan pangan. Saya kira Ganjar ini  cukup berhasil. Kedua, soal lingkungan. Ini menjadi perubahan poin yang menjadi kemudahan  Ganjar untuk dieksplorasi lebih jauh," ucap Ade saat dihubungi di Jakarta, Kamis (28/9/2023).

Sejak beberapa pekan terakhir, Ganjar telah mulai menyosialisasikan visi-misinya jika ia terpilih sebagai presiden. Termutakhir, Ganjar beradu gagasan dengan Prabowo Subianto dan Anies Baswedan di acara Mata Najwa yang digelar di Universitas Gadjah Mada (UGM).

Dalam acara itu, Ade menilai Ganjar tampil meyakinkan saat menawarkan gagasan untuk menjaga stabilitas harga pangan di masa depan. Itu tak terlepas dari kinerja Ganjar yang cukup berhasil membangun kedaulatan pangan di Jawa Tengah saat jadi gubernur.

Hanya saja, Ganjar belum mengelaborasi lebih jauh rencana-rencana konkret untuk membangun infrastruktur penopang produksi pangan.

"Agenda kemandirian pangan pemerintah Jokowi itu lemah dalam infrastruktur penopang produksi pangan," imbuh Ade.  

Di sejumlah forum publik, Ganjar mengungkap tiga strategi utama untuk meningkatkan ketahanan pangan. Pertama, aktivasi birokrasi untuk memantau ketersediaan suplai dan permintaan. Kedua, menggenjot sentra produksi bahan pokok. Ketiga, menyeimbangkan neraca ekspor-impor pangan

Selain soal pangan, Ade menilai Ganjar juga sebenarnya unggul dalam gagasan merawat kelestarian lingkungan. Namun, ia menyayangkan gagasan Ganjar baru sebatas menyentuh wacana energi hijau dan tranformasi penggunaan kendaraan berbahan bakar listrik.

"Padahal, deforestasi kita sangat tinggi.  Industrialisasi belum ramah lingkungan dan kemandirian kita untuk bertranformasi ke energi ramah juga belum banyak dieksplorasi lebih lanjut.  Padahal, itu bisa jadi nilai jual bagi Ganjar, unggul dari Prabowo dan Anies," kata Ade.

Editor : Sefnat Besie

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut