get app
inews
Aa Read Next : Deputi Kemenko Polhukam RI Kunjungan Kerja di PLBN Napan Timor Tengah Utara

Pilu, Nasib 12 Pekerja Proyek PLBN Napan Asal Jawa Barat Tak Bisa Pulang Gegara Upah Disunat

Rabu, 27 September 2023 | 21:40 WIB
header img
12 Pekerja pembangunan PLBN Napan asal Jawa Barat diterlantar oleh perusahaan perekrut, Selasa, 26/09/2023 (Foto: iNewsTTU.id/Isto Santos).

KEFAMENANU, iNewsTTU.id - Sampai dengan saat ini 12 pekerja pembangunan Pintu Lintas Batas Negara (PLBN) di Napan, Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), mengalami nasib yang sulit setelah diterlantarkan oleh PT. Metro Kresasi Indoteknik.

Pekerja yang berasal dari Desa Rahong, Kecamatan Cilaku, Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat, dikabarkan belum menerima upah sejak awal September 2023.

Mandor yang membawa 12 pekerja tersebut, Imam, tidak memberikan tanggung jawab kepada mereka, sesuai dengan kesepakatan awal bahwa upah akan dibayar setiap dua minggu.

Kepala Tukang, Asep Supan, mengungkapkan kekecewaannya saat ditemui pada Selasa, (26/09/2023).

"Kami bekerja di NTT untuk pembangunan PLBN Napan, sementara kami dibawa sama mandor Imam dan ternyata sampai disini Mandor tidak ada tanggung jawabnya kepada pekerja, yaitu kami per dua belas orang ini," ujar Asep.

Asep menuntut agar perusahaan membayar upah kerja selama dua minggu, dan hingga saat ini, mereka hanya menerima uang sebesar Rp850 ribu, yang notabene berupa kas bon.

"Seharusnya semua upah per dua minggu untuk 12 orang itu ada totalnya Rp16,5 juta dan uang makan selama dua minggu Rp8,4 juta. Jadi total keseluruhan yang harus kami 12 orang terima kurang lebih Rp27 juta," ungkap Asep.

Meskipun mereka telah menghubungi perusahaan perekrut, tidak ada tanggapan yang pasti. Ke-12 pekerja itu kini terkatung-katung dan kehabisan uang.

"Tidak ada tanggapan yang pasti, selalu jawabannya dikondisikan ke atas. Intinya kawan-kawan semua minta pulang karena kami tidak punya uang," tegas Asep.

Editor : Sefnat Besie

Follow Berita iNews Ttu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut