get app
inews
Aa Read Next : Jadi Tuan Rumah ASEAN, Indonesia Diharapkan Jadi Poros Baru Perdagangan Global

Ini Jenis Mobil Listrik Penunjang KTT ASEAN 2023

Minggu, 03 September 2023 | 15:57 WIB
header img
Ini Jenis Mobil Listrik Penunjang KTT ASEAN 2023. Foto: MNC Media


JAKARTA, iNewsTTU.id – Sejumlah mobil listrik dipersiapkan untuk menunjang pelaksanaan KTT ASEAN 2023 mendatang.
Untuk mobilitas kepala negara anggota ASEAN, dipersiapkan BMW i7 yang tersedia sebanyak 24 unit.

Mobil listrik dipersiapkan untuk kepala negara, menteri, hingga kendaraan operasional. Namun, tak menutup kemungkinan beberapa kepala negara akan menggunakan mobil dinas pribadi mereka.

Persiapan itu akan dilakukan Menjelang KTT ASEAN ke-43 yang akan berlangsung di Jakarta, pada 5-7 September mendatang. Ratusan armada tersebut bertugas mengantar para pemimpin dan delegasi negara yang hadir.

Sama seperti sebelumnya, mobil listrik yang dipersiapkan untuk kepala negara, menteri, hingga kendaraan operasional. Namun, tak menutup kemungkinan beberapa kepala negara akan menggunakan mobil dinas pribadi mereka.

Setidaknya, ada lima model mobil listrik yang dipakai untuk KTT ASEAN ke-43 di Jakarta dari berbagai brand. Total, ada 510 mobil listrik yang akan digunakan pada perhelatan pertemuan negara-negara Asia Tenggara tersebut.

Untuk mobilitas kepala negara anggota ASEAN, dipersiapkan BMW i7 yang tersedia sebanyak 24 unit. Ini merupakan mobil listrik mewah yang cocok digunakan untuk kalangan VIP.

Ini juga merupakan salah satu mobil listrik teranyar dari produsen asal Jerman itu yang belum lama ini diluncurkan di Indonesia. Kenyamanan kabin BMW i7 bakal memberikan penumpang pengalaman seperti berada di lounge eksklusif.

Mobil listrik BMW i7 dibekali dengan baterai 101,7 kWh yang dapat menempuh jarak maksimum 590-626 kilometer. Tenaga yang dihasilkan mencapai 400 kW (544 hp) dan torsi puncak 745 Nm, dengan dilengkapi Executive Drive Pro.

Untuk menyambut tamu VVIP lainnya juga disiapkan Hyundai Ioniq 6 yang baru meluncur di GIIAS 2023. Total ada 52 unit Ioniq 6 yang ditujukan untuk pasangan para delegasi dan kendaraan cadangan VVIP.

Selain itu, produsen asal Korea Selatan tersebut juga menyiapkan 208 unit Hyundai Ioniq 5 yang digunakan untuk kendaraan protokol keamanan KTT ASEAN ke-43. Ini sebagai bentuk komitmen mereka dalam mengkampanyekan lingkungan bersih.

Untuk memastikan para delegasi negara aman dan nyaman, Hyundai juga memberikan pelatihan kepada Paspampres yang bertugas mengendarai Ioniq 5 dan Ioniq 6. Pelatihan ini meliputi pengenalan fungsi kendaraan dan pengalaman berkendara.

Toyota juga ikut serta dalam perhelatan KTT ASEAN di Jakarta dengan menerjunkan 76 unit mobil listrik bZ4X. Kendaraan ramah lingkungan itu akan digunakan oleh para menteri dan pejabat senior.

Berikutnya adalah Wuling Air ev yang dibekali dengan livery khusus KTT ASEAN ke-43 dan menampilkan corak batik Betawi. Setidaknya, ada 150 unit Air ev tipe Long Range yang akan menjadi kendaraan operasional selama gelaran berlangsung.

Simak berita selanjutnya mengenai KTT ASEAN hanya di iNewsTTU.id, media partner.

 

Editor : Sefnat Besie

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut