get app
inews
Aa Read Next : Diduga Mabuk Miras, Oknum Polisi di Polres Sikka Tabrak Warga hingga Tewas

5 Budaya Khas NTT, Ada Aksara Lota hingga Tari Bonet

Kamis, 27 Juli 2023 | 20:43 WIB
header img
Aksara Lota, budaya khas NTT. Foto: Kemendikbud.go.id

JAKARTA, iNewsTTU.id - Banyak sekali tradisi unik yang ada di indonesia, salah satunya budaya khas NTT yang perlu kalian ketahui. Nusa Tenggara Timur (NTT) merupakan wilayah yang kaya akan keindahan alam dan keragaman budaya. Selain dikenal dengan keberadaan Pulau Komodo, daerah ini juga memiliki kekayaan budaya yang unik dan menarik untuk dipelajari. Dari berbagai upacara adat, kuliner khas, hingga keunikan bahasa. 

Berikut ini ada 5 budaya khas NTT yang patut untuk dipahami. 

1. Se'i, Daging Asap Khas Rote

Salah satu makanan khas NTT yang patut dicicipi adalah Se'i, daging sapi yang diolah dengan teknik pengasapan khas nenek moyang masyarakat setempat. Proses pengasapan daging inilah yang membuat Se'i memiliki cita rasa yang begitu khas dan istimewa.

Kata "Se'i" berasal dari bahasa daerah Rote, yang berarti daging yang disayat dalam ukuran kecil memanjang, lalu diasapi dengan bara api sampai matang. Selama proses pengasapan, daging Se'i menghasilkan aroma yang menggugah selera, warna merah yang menggiurkan, serta tekstur yang lembut dan kenyal di lidah.

2. Aksara Lota


Aksara Lota, budaya khas NTT

Warisan Tulisan Kuno Selain kuliner, NTT juga memiliki kekayaan dalam hal bahasa dan tulisan kuno. Aksara Lota adalah salah satu bentuk aksara asli yang digunakan di Kabupaten Ende oleh masyarakat etnis Ende yang beragama Islam.

Menurut catatan Balai Pelestarian Nilai Budaya Bali, aksara Lota masuk ke Ende pada abad ke-16, saat Pemerintahan Raja Goa XIV, I Mangngarangi Daeng Manrabia bergelar Sultan Alaudin (1593-1639). Aksara Lota sendiri merupakan turunan dari aksara Bugis, namun memiliki beberapa karakter unik yang membedakannya.

Editor : Hikmatul Uyun

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut