get app
inews
Aa Read Next : DJKI dan Tokopedia Bantu Kembangkan Usaha Produk Indikasi Geografis

Fenomena Embun Es Muncul di Dataran Tinggi Dieng Jawa Tengah

Selasa, 18 Juli 2023 | 16:28 WIB
header img
Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Kupang memprediksi suhu dingin di wilayah Nusa Tenggara Timur akan berlangsung hingga Bulan Agustus mendatang, hal itu karena secara Geografis, wilayah NTT sangat dekat dengan Benua Australia. (Foto.Ist)

BANJARNEGARA, iNewsTTU.id-Dataran tinggi di Jawa Tengah tepatnya Dieng, Banjarnegara dilanda Fenomena embun es atau embun beku.

Pantauan di lokasi, kondisi embun es yang muncul di dataran tinggi Dieng, embun embun di rerumputan terlihat cantik membeku menjadi es akibat adanya penurunan suhu yang cukup ekstrem.

“Suhu di Dieng saat malam dini hari berkisar antara 0 derajat celcius dan terus menurun hingga minus 5 derajat celcius,”ujar warga Dieng, Hasta, Selasa (18/7/2023).

Kondisi serupa juga terjadi di area wisata Komplek Candi Arjuna, lahan pertanian kentang dan area pemukiman warga.

Menurutnya, fenomena embun salju di Dieng kali ini menjadi pemandangan yang cukup unik dan langka, karena tidak biasanya.

“Embun salju Dieng biasanya muncul pada bulan Juni dan Agustus, terjadi saat puncak musim kemarau. Embun es ini muncul mulai jam 3 dini hari hingga jam 6 pagi,”pungkasnya.

Bagi wisatawan yang ingin melihat dan menikmati embun salju, bisa datang ke dataran tinggi Dieng Banjarnegara, tentu dengan menyiapakan jaket tebal dan pakaian pendukung penghangat tubuh. Karena udara yang cukup dingin dan ekstrem

Sementara, di Jakarta dilaporkan cuaca sangat panas dan terik. Cuaca panas Jakarta terasa hampir setiap siang harinya.

Informasi menjadi acuan bagi anda yang ingin bepergian ke Jawa Tengah agar membawa pakaian tebal dibanding ke Wilayah Jakarta yang bersuhu panas. 

Editor : Sefnat Besie

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut