get app
inews
Aa Read Next : Menang Agregat Gol Tandang, Juventus ke Final Coppa Italia 2024

5 Fakta Menarik Roma, Kota Abadi yang Kaya Situs Warisan Dunia dan Ada Negara Kecil di Dalamnya

Senin, 17 Juli 2023 | 15:12 WIB
header img
Colosseum, bangunan paling ikonik di Kota Roma, Italia (Foto: Instagram/@jeab_sut)

JAKARTA, iNews.id - Roma, salah satu kota di dunia, memiliki sejarah yang panjang. Sebagai Ibu Kota Italia, kota ini menjadi saksi perkembangan peradaban manusia dari masa lampau hingga saat ini.

Kota yang dijuluki sebagai Kota Abadi ini menawarkan banyak keindahan bagi para wisatawan internasional. Roma, yang telah ada sejak tahun 735 SM, memiliki banyak fakta menarik.

Berikut 5 fakta menarik tentang Kota Roma dirangkum dari berbagai sumber:

1. Negara di Dalam Negara

Roma adalah satu-satunya kota di dunia yang memiliki sebuah negara di dalamnya. Negara tersebut adalah Vatikan, dengan ibu kota bernama Kota Vatikan.

Meskipun wilayahnya hanya seluas 4.700.000 kaki persegi, Vatikan secara resmi merupakan negara terkecil di dunia. Vatikan adalah tempat pusat Gereja Katolik dan dipimpin langsung oleh Paus.

"Vatikan mencetak mata uangnya sendiri, memiliki perangko khusus, menerbitkan paspor dan plat nomor, mengoperasikan media, serta memiliki bendera dan lagu kebangsaan sendiri," tulis laman History.

2. Banyak Situs Warisan Dunia

Peradaban, bahasa, dan adat istiadat Romawi telah mempengaruhi kehidupan masyarakat di berbagai wilayah dan masih berdampak hingga saat ini melalui berbagai peninggalannya.

Beberapa peninggalan tersebut masih tersebar di berbagai penjuru Kota Roma, dan beberapa di antaranya bahkan telah diakui sebagai situs warisan dunia.

Beberapa situs tersebut antara lain Colosseum, sebuah amfiteater tempat para gladiator bertarung untuk hidup mereka, Piazza Navona, sebuah alun-alun dengan tiga patung terkenal, serta Kapel Sistina, sebuah kapel yang mengagumkan yang dirancang oleh pelukis terkenal Michelangelo.

Editor : Sazili Mustofa

Follow Berita iNews Ttu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut