get app
inews
Aa Read Next : Simbol Sinergitas TNI Polri, Simak Kejutan Dandim TTS untuk Kapolres

Polres TTS Syukuri Hari Bhayangakara Ke 77 dengan Pemotongan Tumpeng

Sabtu, 01 Juli 2023 | 14:58 WIB
header img
Polres TTS Syukuri Hari Bhayangakara Ke 77 dengan Pemotongan Tumpeng. Foto: iNewsTTU.id/evraim

SOE, iNewsTTU.id- Syukuran Hari Bhayangkara Ke 77 di Aula Tribrata Polres TTS ditandai dengan pemotongan Tumpeng oleh Kapolres TTS AKBP I Gusti Putu Suka Arsa didampingi Ketua Bhyangkari Cabang TTS Ny. Ayie Putu Suka Arsa.

Kapolres TTS mengatakan bahwa momentum peringatan Hari Bhyangkara ke 77 tahun ini terasa sangat berbeda hal ini dibuktikan dengan telah dicabutnya status pandemi covid-19 yang menuntut pembatasan aktifitas di ruang publik termasuk pelaksanaan upacara dan syukuran peringatan hari Bhayangkata dilaksanakan dengan mematuhi protokol kesehatan yang ketat sebagaimana Thema Hari Byangkara ke 77 tahun 2023 yakni " Polri Presisi Untuk Negeri" Pemilu Damai Menuju Indonesia Emas" 

Thema ini mengandung makna bahwa tugas pokok Polri sebagaimana yang diamanatkan dalam Undang-undang Nomor 2 Tahun 2002 dimana Polri selaku Pelindung, Pengayom, Pelayan Masyarakat, dan Penegakan Hukum sejalan dengan Visi dan Misi Polri untuk mewujutkan Polri yang Prediktif, Responsibilitas, dan Transparansi Berkeadilan ( Presisi).

"Oleh karenanya Polri menjadi salah satu Pilar Perekat Keutuhan NKRI bersama TNI, Pemerintah, Serta seluruh Stakeholder dalam mengawal keamanan dan ketertiban di tahun politik 2024 mendatang,"tegasnya. 

Kendati demikian momentum Peringatan Hari Bhayangkara tanggal 1 Juli tentunya menjadi titik balik untuk mengingat semua jasa para pendahulu serta Sejarah terbentuknya Polri atau Bhayangkara.

"Sejarah Polri mencatat bahwa HUT Bhayangkara diperingati pada tanggal 1 Juli setiap tahunnya merupakan hari Kepolisian Nasional yang terbentuk dari momentum turunnya Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 1946,"tandasnya 

Dimana tanggal 1 Juli 1946 sebenarnya bukan pertama kali Korps Kepolisian yang ada di Daerah-daerah Indonesia untuk dijadikan satu kesatuan secara nasional di daerah Pemerintah Republik Indonesia perjalanan Kepolisian di Indonesia sejatinya sudah lama terjadi yakni dimulai Zaman Pemerintahan Kolonial Belanda mulai dari tahun 1897 hingga 1920 mereka pada akhirnya membentuk Kepolisian Modern.

"Momentum bertambahnya usia Polri diharapkan Polri semakin Profesional dan dicintai masyarakat tentunya  masyarakat sangat berharap meningkatnya profesionalitas personel dan kualitas pelayanan public dimana hal ini merupakan kewajiban setipa personil Polri,"tutup Kapolres Gusti.

Usai pelaksanaan Syukuran HUT Bhayangkara ke 77 kegitan dilanjutkan dengan ramah-tamah makan siang bersama, pemberian hadiah bagi pemenang lomba-lomba bagi masyarakat maupun internal Polres TTS. 

Editor : Sefnat Besie

Follow Berita iNews Ttu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut