get app
inews
Aa Read Next : Paus Fransiskus akan Mengunjungi Indonesia dan Timor Leste pada September 2024

Paus Fransiskus Terbitkan Surat Apostolik tentang Penemu Kalkulator Blaise Pascal

Selasa, 20 Juni 2023 | 23:38 WIB
header img
Paus Fransiskus terbitkan surat Apostolik tentang Pascal (Foto: Istimewa).

Paus asal Argentina itu juga telah berulang kali berbicara tentang kekagumannya pada pemikir Prancis itu. Dalam sebuah wawancara pada Juli 2017, Paus Yesuit itu mengatakan bahwa dia percaya bahwa Pascal “pantas dibeatifikasi.”

Pada tahun 2021, Paus menyebut catatan tulisan tangan kecil yang ditemukan dijahit di mantel Pascal pada saat kematiannya sebagai salah satu teks paling orisinal dalam sejarah spiritualitas.

Catatan, yang dikenal sebagai "Peringatan" Pascal, berasal dari pengalaman mistis pada malam 23 November 1654, yang menyebabkan filsuf itu menangis karena gembira.

Di antara kata-kata yang tertulis di halaman itu, Pascal menulis: “Yesus Kristus. Aku meninggalkannya; Saya melarikan diri darinya, meninggalkan, disalibkan. Biarkan aku tidak pernah terpisah darinya. Dia hanya dijaga dengan aman melalui cara-cara yang diajarkan dalam Injil: penolakan, total dan manis.”

Pengalaman Pascal pada malam tahun 1654 itu membawanya untuk lebih giat mempraktikkan iman Katoliknya dengan asketisme dan apologetika tertulis.

Pada saat penyakit terakhir dan kematiannya pada tahun 1662 pada usia 39 tahun, Pascal dilaporkan mengatakan: "Jika dokter mengatakan yang sebenarnya, dan Tuhan mengabulkan bahwa saya sembuh dari penyakit ini, saya bertekad untuk tidak pekerjaan atau pekerjaan lain selama sisa hidup saya kecuali melayani orang miskin.”

Paus Fransiskus menyoroti bagaimana sangat menyentuh untuk menyadari bahwa di hari-hari terakhir hidupnya, seorang jenius seperti Blaise Pascal melihat tidak ada yang lebih mendesak daripada kebutuhan untuk mencurahkan energinya untuk karya belas kasih.

“Semoga karya brilian Blaise Pascal dan teladan hidupnya, yang begitu mendalam tenggelam dalam Yesus Kristus, membantu kita untuk bertahan sampai akhir di jalan kebenaran, pertobatan, dan kasih amal,” jelas Paus Fransiskus.

Editor : Sefnat Besie

Follow Berita iNews Ttu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut