get app
inews
Aa Read Next : Paus Fransiskus akan Mengunjungi Indonesia dan Timor Leste pada September 2024

Paus Fransiskus Terbitkan Surat Apostolik tentang Penemu Kalkulator Blaise Pascal

Selasa, 20 Juni 2023 | 23:38 WIB
header img
Paus Fransiskus terbitkan surat Apostolik tentang Pascal (Foto: Istimewa).

VATIKAN, iNewsTTU.id - Paus Fransiskus menerbitkan surat apostolik pada hari Senin, (19/06/2023) memuji ahli matematika dan filsuf abad ke-17 Blaise Pascal sebagai "pencari kebenaran yang tak kenal lelah."

Pascal (1623–1662) adalah seorang ilmuwan Prancis yang membantu meletakkan dasar bagi teori probabilitas modern, menemukan salah satu bentuk kalkulator paling awal, dan mendefinisikan prinsip hidrolika yang kemudian dikenal dalam fisika sebagai "hukum Pascal .”

Di tahun-tahun terakhir hidupnya, ahli matematika, fisikawan, dan filsuf Katolik ini mengabdikan dirinya pada apologetika Kristen.

“Sebagai seorang Kristen, [Pascal] ingin berbicara tentang Yesus Kristus kepada mereka yang dengan tergesa-gesa menyimpulkan bahwa tidak ada alasan kuat untuk percaya pada kebenaran Kekristenan,” tulis Paus Fransiskus.

"Untuk bagiannya, dia tahu dari pengalaman bahwa isi wahyu ilahi tidak hanya tidak bertentangan dengan tuntutan akal, tetapi menawarkan tanggapan luar biasa yang tidak dapat dicapai oleh filsafat sendiri," tulis Paus lebih lanjut.

Paus menerbitkan surat itu pada 19 Juni 2023 untuk memperingati 400 tahun kelahiran Pascal pada tahun 1623 silam. Judulnya, “Sublimitas Et Miseria Hominis,” berarti “Kemegahan dan Kesengsaraan Manusia.”

Dalam surat setebal delapan halaman itu, Paus menggambarkan Pascal sebagai "orang pada masanya" yang membuat "pembelaan intelektual yang ahli terhadap iman Kristen."

“Sejak kecil, Pascal mengabdikan hidupnya untuk mengejar kebenaran. Dengan menggunakan nalar, dia mencari jejaknya di bidang matematika, geometri, fisika, dan filsafat, membuat penemuan-penemuan luar biasa dan menjadi sangat terkenal bahkan pada usia dini,” kata Paus Fransiskus.

Namun, katanya, dia (Pascal) tidak puas dengan pencapaian itu. Dalam satu abad kemajuan besar di banyak bidang sains, disertai dengan semangat skeptisisme filosofis dan religius yang tumbuh, dia terbukti sebagai pencari kebenaran yang tak kenal lelah, semangat 'gelisah', terbuka untuk cakrawala yang baru dan lebih besar.

“Pikiran Pascal yang cemerlang dan penuh rasa ingin tahu tidak pernah berhenti merenungkan pertanyaan, kuno namun selalu baru, yang muncul di dalam hati manusia: 'Apakah manusia sehingga Anda mengingatnya, anak manusia sehingga Anda memperhatikannya?' (Mz 8:5),” ujar Paus berusia 86 tahun itu.

Surat itu diisi dengan kutipan-kutipan dari “Pensées” karya Pascal, karyanya yang paling terkenal tentang apologetika Kristen yang diterbitkan secara anumerta dari catatan dan fragmen manuskripnya.

Paus menyoroti bagaimana Pascal tidak pernah 'tidak pernah menyerah pada kenyataan bahwa beberapa pria dan wanita tidak hanya tidak mengenal Yesus Kristus, tetapi juga meremehkan, karena kemalasan atau karena hasrat mereka, untuk menganggap serius Injil.'

Pascal menulis dalam Pensées-nya: “'Jiwa yang tidak berkematian begitu penting bagi kita, sesuatu yang sangat menyentuh kita, sehingga kita perlu kehilangan semua perasaan untuk tidak peduli dengan mengetahui apa yang dipertaruhkan.

Dan itulah sebabnya, di antara mereka yang tidak yakin tentang hal ini, saya akan membedakan dengan jelas antara mereka yang melakukan segala upaya untuk menyelidikinya, dan mereka yang menjalani hidup mereka tanpa mempedulikannya atau memikirkannya.'”

Paus Fransiskus juga menyebutkan keterlibatan Pascal dalam perselisihan antara Jesuit dan Jansenist di mana Pascal menulis serangkaian surat yang sangat kritis terhadap Jesuit yang dikenal sebagai “Surat Provinsi.”

Kontroversi tersebut terutama berkaitan dengan pertanyaan tentang kasih karunia Allah dan hubungan antara kasih karunia dan kodrat manusia, khususnya kehendak bebas kita.

Paus Yesuit menawarkan pembelaan terhadap Pascal, pertama-tama mencatat bahwa Pascal tidak diberikan untuk memihak tetapi ditugaskan oleh kaum Jansenis untuk membela mereka, mengingat keterampilan retorisnya yang luar biasa.

Dia mengatakan bahwa Pascal sendiri mengakui bahwa beberapa proposisi yang dianggap 'Jansenis' memang bertentangan dengan iman.

“Meski begitu, beberapa pernyataannya sendiri, seperti tentang predestinasi, yang diambil dari teologi Agustinus kemudian dan dirumuskan lebih parah oleh Jansen, tidak benar,” kata Fransiskus.

Paus menambahkan bahwa Pascal, pada bagiannya, dengan tulus percaya bahwa dia sedang berjuang melawan Pelagianisme atau semi-Pelagianisme implisit dalam ajaran Jesuit pada saat itu.

“Mari kita hargai Pascal dengan keterusterangan dan ketulusan niatnya,” katanya.

Editor : Sefnat Besie

Follow Berita iNews Ttu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut