get app
inews
Aa Read Next : KPU Sabu Raijua Ketok Palu Penetapan Anggota DPRD Terpilih Periode 2024-2029

Sortir Hasil Memulung, Warga Kota Kupang Temukan Satu Kotak Peluru dan Granat Aktif

Selasa, 13 Juni 2023 | 17:13 WIB
header img
Pemulung Kota Kupang menyerahkan 35 butir peluru dan satu buah granat ke Polsek Maulafa. Selasa (13/06/2023). Foto : Istimewa.

KUPANG,iNewsTTU.id-- Warga Kelurahan Penfui, Kecamatan Maulafa, Kota Kupang, kembali menemukan satu buah granat aktif dan 53 butir peluru senjata api jenis revolver.

Bahan peledak tersebut ditemukan Soleman Benu, 57, saat menyortir sejumlah barang yang didapat dari hasil memulung.

Mengetahui benda berbahaya ini, Soleman langsung melapor ke RT dan menghubungi Babinkamtibmas kemudian diserahkan ke Polsek Maulafa, Selasa, (13/06/2023).

Kapolsek Maulafa, AKP Nuryani Trisani Ballu, ketika ditemui membenarkan adanya penyerahan bahan peledak berupa granat dan peluru senjata api dari masyarakat.

"Ia benar, kemarin ada masyarakat kami yang datang antar sebuah granat dan 53 butir peluru" Katanya.

Kapolsek Maulafa menyebut dari keterangan Soleman, pada Kamis (08/06/2023) sekira pukul 09.00 Wita Soleman memulung sampah dan barang bekas di Perumahan Polisi, Kelurahan Oesapa Selatan.

Saat itu, seorang ibu memanggil dan memberikannya sebuah kardus berisi barang bekas, sehingga ia menerimanya, dan langsung pulang ke rumah, setelah tiba di rumah, dirinya langsung membuka hasil memulungnya dan ternyata didalam kardus tersebut ditemukan satu tas yang didalamnya terdapat sebuah kotak kecil berisi peluru, selain itu dirinya juga menemukan satu buah granat didalam kardus tersebut.

Dengan penyerahan ini, Kapolsek Maulafa merasa bahwa Masyarakat di wilayahnya telah sadar tentang bahaya memiliki atau menyimpan senjata api dan ini tidak terlepas dari upaya sosialisasi yang dilakukan anggotanya kepada masyarakat.

"Penyerahan senjata api atau bahan peledak seperti ini, menunjukkan bahwa masyarakat mulai sadar akan bahayanya memiliki senjata api,"ujar AKP Nuryani.

Barang temuan ini, akan dikoordinasikan dengan pihak Polresta dan Sat Brimob Polda NTT untuk dilakukan pemusnahan sesuai SOP.

Barang yang ditemukan ini antara lain, satu buah granat dan satu kotak peluru senjata api jenis revolver yang didalamnya terdapat 53 butir dan dari 35 butir peluru itu, terdapat 10 butir warna kuning dan 43 peluru warna silver.

Editor : Sefnat Besie

Follow Berita iNews Ttu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut