get app
inews
Aa Read Next : Dikonfirmasi Soal Jalan Ledepemulu Di Liae Sabu Raijua, Adi Mboeik Tidak Merespon

Univeritas Nusa Cendana Kupang Resmi Kukuhkan Empat Guru Besar

Rabu, 31 Mei 2023 | 15:28 WIB
header img
Rapat Senat Terbuka Luar Biasa, pengukuhan empat guru besar Undana Kupang. Rabu (31/05/2023). Foto : Eman Suni/Inews Tv

KUPANG,iNewsTTU.id-- Universitas Nusa Cendana Kupang (Undana), menggelar rapat senat terbuka luar biasa, untuk mengukuhkan empat Guru Besar di Gedung Auditorium kampus Undana Kupang. Rabu (31/05/2023).

Setelah pembukaan rapat senat oleh Rektor Undana Prof Max Sanam, dilanjutkan dengan orasi ilmiah oleh masing-masing guru besar yang akan dikukuhkan.

Prof. Dr. Jefri Samuel Bale, ST. M. Eng, yang dikukuhkan sebagai guru besar pada Bidang Ilmu Rekayasa Material, Fakultas Sains, dan Teknik, pada orasinya mengemukakan beberapa mesin temuannya untuk mengatasi beberapa masalah di NTT dan mendukung pertumbuhan ekonomi rakyat NTT.

"Saya melihat daerah kita ini, sumber mata airnya berada di dataran rendah, sehingga saya membuat pompa air untuk mendistribusikan air ke masyarakat, selain itu ada juga alat penangkap air dari udara",kata prof.Jefri.

"Ia menambahkan ada juga alat pengering daun kelor untuk mendukung program pemerintah dalam mengatasi stunting",Lanjutnya.

Rektor Undana, Prof. Max Sanam, dalam sambutannya mengatakan, guru besar di kampus Undana masih kurang dari kebutuhan, karena setelah pengukuhan ini, baru dapat 25 orang, meski Undana telah mengukuhkan 46 guru besar, namun yang lain telah purna bakti.

"Kampus undana telah mengukuhkan 46 guru besar, namun diantara 19 orang telah purna bakti dan kini kampus undana hanya memiliki 25 guru besar, saya berharap masih ada dosen lain yang akan segera mengikuti jejak 4 guru besar ini",pinta Rektor Undana.

Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat, yang ikut menghadiri kegiatan ini memberikan apresiasi kepada para guru besar yang baru dilantik, ia berharap masyarakat NTT jangan pernah berhenti untuk belajar meski di usia senja.

"Untuk menuntut ilmu tidak pernah ada kata terlambat, sehingga saya mengapresiasi para guru besar yang baru dikukuhkan ini, karena meski berada di usia senja mereka masih bisa belajar dan berkarya", Sebut Viktor.

Para guru besar yang dikukuhkan hari ini antara lain :

1. Prof. Dr. Ir. Marcelien Dj. Ratoe Oedjoe, M.Si (Bidang Ilmu Budidaya Perairan Fakultas Peternakan, Kelautan dan Perikanan).

2. Prof. Dr. Ir. Doppy Roy Nendissa, MP (Bidang Ilmu Ekonomi Pertanian-Fakultas Pertanian).

3. Prof. Dr. drh. Annytha Ina Rohi Detha, M. Si (Bidang Ilmu Kesehatan Masyarakat Veteriner, Fakultas Kedokteran dan Kedokteran Hewan).

4. Prof. Dr. Jefri Samuel Bale, ST. M. Eng (Bidang Ilmu Rekayasa Material, Fakultas Sains, dan Teknik) .

Editor : Sefnat Besie

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut