get app
inews
Aa Read Next : Paus Fransiskus akan Mengunjungi Indonesia dan Timor Leste pada September 2024

6 Hal yang Perlu Diketahui tentang Garda Swiss dan Upacara Pelantikannya

Rabu, 10 Mei 2023 | 16:04 WIB
header img
Garda Swiss bertugas melindungi Paus dan Vatikan (Foto: Vatikan Media).

3. Pastor
Garda Swiss memiliki Pastor Katoliknya sendiri. Pada tahun 2021, Paus Fransiskus menunjuk Romo Benediktin Swiss Kolumban Reichlin (50), sebagai kapelan, yang menyelesaikan sebagian studinya di Seminari St. Meinrad di Indiana.

Garda Swiss Kepausan juga memiliki oratoriumnya sendiri di dalam Kota Vatikan, di mana para anggota secara teratur menghadiri Misa, dan di mana upacara seperti pernikahan dan pembaptisan terkadang diadakan.

Gereja St. Martin dan Sebastian dari Swiss dibangun pada tahun 1568 oleh Paus Pius V untuk menjadi kapel pribadi Garda Swiss. Itu terletak tepat di belakang barisan tiang Lapangan Santo Petrus di sisi utara, di sebelah barak Garda Swiss dan Istana Apostolik.

4. Sumpah Garda Swiss
Selama upacara pelantikan pada 6 Mei 2023, Pastor Reichlin, membacakan sumpah lengkap, yang berbunyi dalam bahasa Inggris:

“Saya bersumpah untuk setia, setia dan dengan hormat melayani Paus yang berkuasa dan penerusnya yang sah, untuk mengabdikan diri saya kepada mereka dengan segenap kekuatanku, mengorbankan, jika perlu, bahkan nyawaku untuk membela mereka.

Saya memikul tugas yang sama terhadap Dewan Kardinal selama kekosongan Takhta Apostolik. Saya juga menjanjikan rasa hormat, kesetiaan, dan kepatuhan kepada Komandan dan Atasan lainnya. Jadi Saya bersumpah, semoga Tuhan dan Orang Suci Pelindung kita membantu saya.”

Setiap rekrutan baru bergiliran mendekati bendera Garda Swiss ketika namanya dipanggil. Dia dengan kuat menggenggam spanduk dengan tangan kirinya sambil mengangkat tangan kanannya dan membuka tiga jari sebagai tanda imannya pada Tritunggal Mahakudus.

Dia kemudian menyatakan dengan suara nyaring, “Saya, [nama] bersumpah untuk mematuhi dengan setia, setia, dan dengan hormat semua yang dibacakan kepada saya saat ini. Semoga Tuhan dan Orang Suci Pelindung kita membantu saya!”

Para penjaga baru mengucapkan sumpah dalam salah satu dari empat bahasa resmi Swiss: Jerman, Prancis, Italia, atau Romansh, bahasa yang sebagian besar digunakan di kanton Grisons Swiss, yang berasal dari bahasa Latin.

5. Santo pelindung Garda Swiss
Santo pelindung Pengawal Kepausan Swiss adalah Santo Nikolas dari Flüe, juga pelindung Swiss. Dia adalah seorang pertapa dan pertapa Swiss yang hidup pada abad ke-15.

Sebagai seorang pemuda, dia adalah seorang prajurit yang terkenal dan bertempur di Perang Zürich Lama dan perang Thurgau. Tradisi mengatakan dia bertarung dengan pedang di satu tangan dan rosario di tangan lainnya.

Dia bertugas di militer dari usia 21 hingga 37 tahun, bahkan menjadi kapten. Setelah meninggalkan ketentaraan, Nicholas menjabat sebagai anggota dewan dan hakim di kantonnya.

Akhirnya dia memutuskan untuk meninggalkan kehidupan politik dan mengabdikan dirinya untuk kontemplasi setelah menerima visi mistik. Pada tahun 1467, dia meninggalkan istri dan 10 anaknya dengan persetujuan istrinya untuk bergabung dalam persaudaraan.

Nikolas menerima banyak wawasan spiritual melalui penglihatan dan meninggal pada tahun 1487 dikelilingi oleh keluarganya.

6. Persyaratan masuk Garda Swiss
Untuk memasuki Garda Swiss, seorang kandidat harus seorang pria Katolik berkebangsaan Swiss berusia antara 19 dan 30 tahun yang tingginya setidaknya 5 kaki, 8 inci.

Penjaga diizinkan menikah saat bertugas, dan beberapa penjaga tinggal di perumahan keluarga bersama istri dan anak-anak mereka.

Karena kebutuhan keamanan Vatikan telah meningkat selama bertahun-tahun, demikian pula jumlah penjaga. Sementara pada tahun 2006 ada 100 orang dalam pasukan terkecil namun tertua di dunia, jumlahnya telah meningkat menjadi 135 orang.

Garda Swiss Kepausan, yang didirikan oleh Paus Julius II pada tahun 1506, bertanggung jawab atas keamanan Vatikan bersama dengan polisi Vatikan.

Editor : Sefnat Besie

Follow Berita iNews Ttu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut