get app
inews
Aa Read Next : Kardinal Virgilio Ungkap Persiapan, Jadwal dan Tema Kunjungan Paus Fransiskus di Timor Leste

6 Hal yang Perlu Diketahui tentang Garda Swiss dan Upacara Pelantikannya

Rabu, 10 Mei 2023 | 16:04 WIB
header img
Garda Swiss bertugas melindungi Paus dan Vatikan (Foto: Vatikan Media).

VATIKAN, iNewsTTU.id - Sekelompok rekrutan baru Garda Swiss secara resmi bergabung dengan barisan setelah bersumpah untuk "setia, loyal dan terhormat melayani Paus yang berkuasa" di Vatikan.

Mengenakan seragam grand gala merah, oranye, dan biru dengan baju besi, 23 penjaga baru bersumpah setia di hadapan teman dan keluarga selama upacara di halaman San Damaso pada Sabtu, 6 Mei 2023. Upacara dimulai dengan penjaga baru, tombak di tangan dan berbaris ke halaman.

Komandan Garda Swiss Christoph Graf mengingatkan para pria tentang pepatah, “pakaian tidak membentuk pria,” bahwa seperti halnya pakaian yang indah tidak menjelaskan karakter seseorang, mengenakan seragam juga tidak membuat mereka menjadi penjaga yang baik.

Kenakan seragam, katanya, “bukan sebagai pakaian panggung tetapi sebagai ekspresi pelayanan Anda.”

Pastor militer juga memberikan refleksi singkat, mengingatkan para penjaga untuk dibimbing oleh Tuhan, sebelum dia mengucapkan kata-kata sumpah yang tidak lama kemudian akan mereka ucapkan.

Upacara yang berlangsung lebih dari satu jam itu diselingi oleh musik dan permainan drum dari Pontifical Swiss Guard Band serta lagu kebangsaan Kota Vatikan dan Swiss.

Uskup Agung Edgar Peña Parra, Sostituto Sekretariat Negara, mewakili Paus Fransiskus pada acara tersebut.

Pada Sabtu pagi, Garda Swiss merayakan Misa di Basilika Santo Petrus, dilanjutkan dengan pertemuan dengan Paus Fransiskus di Istana Apostolik.

kepada 23 orang rekrutan, Paus Fransiskus mengatakan agar tidak kehilangan keberanian dan semangat untuk menemukan hal-hal baru.

"Saya suka berpikir bahwa keputusan untuk menyerahkan beberapa tahun hidup Anda kepada Paus dan Takhta Suci tidak terlepas dari perjalanan iman pribadi Anda,” kata Paus Fransiskus kepada mereka.

"Misi Anda di sini, di Vatikan adalah jalan yang telah Tuhan buka bagi Anda untuk menjalani baptisan Anda dan memberikan kesaksian yang penuh sukacita tentang iman Anda kepada Kristus," lanjutnya.

Fransiskus memberi tahu mereka bahwa wajah orang-orang yang mereka temui setiap hari, baik itu peziarah maupun Kardinal, adalah ajakan untuk mengenali dan berbagi kasih Tuhan bagi setiap orang.

“Semoga setiap situasi, setiap perjumpaan menjadi kesempatan untuk menerapkan Injil Kristus, untuk belajar dari Tuhan dan untuk menghayati kasih persaudaraan dalam nama dan Roh-Nya,” katanya.

Berikut adalah enam hal yang perlu diketahui tentang Garda Swiss dan pengambilan sumpah tahunan mereka:

1. Ulang tahun yang penting
Upacara pengambilan sumpah berlangsung setiap tahun pada peringatan 6 Mei 1527, pertempuran yang dikenal sebagai Penjarahan Roma, ketika 147 penjaga kehilangan nyawa mereka membela Paus Clement VII dari tentara Kekaisaran Romawi Suci yang memberontak.

Selama pertempuran, paus berhasil melarikan diri dari Vatikan ke Castel Sant'Angelo melalui jalan rahasia. Ini adalah peristiwa paling signifikan dan mematikan dalam sejarah Garda Swiss.

2.Perayaan selama berhari-hari
Upacara tersebut hanyalah satu bagian dari beberapa hari acara publik dan pribadi, beberapa di antaranya dihadiri oleh perwakilan tentara Swiss, pemerintah Swiss, dan konferensi uskup Swiss.

Keluarga dan teman para penjaga, dan mantan penjaga yang kembali untuk berkunjung, juga berpartisipasi.

Selain Misa dan audiensi pribadi dengan Paus Francis, Garda Swiss berdoa Vesper pada sore hari sebelum upacara pelantikan.

Setelah kebaktian malam, "deposisi mahkota" berlangsung di Lapangan Protomartir Romawi di dalam Vatikan. Upacara tersebut melibatkan penempatan karangan bunga untuk memperingati para penjaga yang tewas selama Penjarahan Roma.

Editor : Sefnat Besie

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut