get app
inews
Aa Read Next : Prelatus Katolik akan Terlibat Penobatan Raja Charles III untuk Pertama Kalinya Sejak Reformasi

Raja Charles III Setujui Desain Mahkota dan Lambang Baru Monarki Inggris

Rabu, 10 Mei 2023 | 14:47 WIB
header img
Mahkota Kerajaan Inggris yang lama (kiri) dan desain baru (kanan). Foto: Istimewa.

LONDON, iNewsTTU.id - Raja Charles III telah menyetujui desain heraldik Royal Crown baru dari pemerintah Kanada yang menukar salib pada mahkotanya dengan kepingan salju dan menggantikan salib lain dengan daun maple.

Desain ulang Mahkota Kerajaan Kanada direkomendasikan oleh Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau dan didasarkan pada Mahkota St. Edward berhiaskan berlian yang digunakan pada penobatan Raja Charles III yang diadakan pada hari Sabtu, 6 Mei 2023, serta simbol Mahkota Tudor yang sedikit berbeda.

Hal itu disampaikan oleh kantor Gubernur Jenderal Kanada, yang mewakili Raja Charles III dalam pidatonya yang berperan sebagai pemimpin Kanada seperti dikutip dari catholic news agency pada Selasa, (09/05/2023).

"Namun, lambang Kanada yang bergaya menjatuhkan salib dan fleurs-de-lis yang ada di mahkota itu, alih-alih memasukkan elemen yang menekankan identitas monarki Kanada," katanya.

Menurutnya, lambang Mahkota Kerajaan Kanada adalah simbol penting otoritas kedaulatan, monarki Kanada, dan kekuasaan negara yang bertindak atas nama kedaulatan.

Di tempat bola dan salib di bagian atas mahkota adalah kepingan salju bergaya, merujuk pada Kanada sebagai wilayah utara. Simbol kepingan salju terkait dengan lambang Ordo Kanada, sebuah kehormatan tertinggi Kanada.

Gabungan bola dan salib di atas mahkota Raja Charles III telah lama digunakan oleh bangsawan Kristen sebagai pengingat bahwa dunia tunduk pada kekuasaan Yesus Kristus. Simbol itu adalah bagian dari regalia penobatan monarki Inggris.

Dalam liturgi penobatan Gereja Inggris, Uskup Agung Canterbury Justin Welby memberi Raja Charles bola genggam dan salib berornamen dan mengatakan kepadanya, “Terimalah bola ini, taruh di bawah salib, dan ingat selalu kerajaan dunia ini menjadi kerajaan Kami. Tuhannya, dan tentang Kristusnya.”

Ikonografi Kristen terkadang menunjukkan Yesus Kristus memegang bola dan salib
Lambang resmi Raja Charles III yang menggunakan Mahkota Tudor dikelilingi oleh salib dan simbol fleurs-de-lis. Desain Kanada, bagaimanapun, menggantikan simbol-simbol ini dengan daun maple.

Editor : Sefnat Besie

Follow Berita iNews Ttu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut