get app
inews
Aa Read Next : Warga Serahkan Senjata Flintlock Milik Eks Pejuang Timor-Timur ke Komandan Satgas Sektor Barat

Tugas Kemanusiaan, Satgas Yonkav 10/Mendagiri Laksanakan Skrining Kesehatan Mata Bagi 4 Desa di TTU

Rabu, 10 Mei 2023 | 08:25 WIB
header img
Skrining kesehatan mata bagi masyarakat di wilayah perbatasan oleh Satgas Pamtas RI-RDTL Yonkav/10 Mendagiri (Foto: Isto Santos/iNewsTTU.id).

KEFAMENANU, iNewsTTU.id - Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) RI-RDTL Sektor Barat Yonkav 10/Mendagiri, Kodam XIV/Hsn bersama Perusahaan Robert Bosch Indonesia dan Yayasan Tunas Bakti Nusantara melaksanakan kegiatan skrining kesehatan (pemeriksaan awal) kepada warga yang memiliki gejala katarak.

Kegiatan itu dilaksanakan di Pos Baen dalam rangka persiapan menjalani operasi katarak. Skrining tersebut dilaksanakan bagi warga 4 Desa di Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) yaitu Desa Nainaban, Desa Sunkaen, Desa Haumeniana dan Desa Inbate.

Skrining yang dilakukan diantaranya pemeriksaan tekanan darah, pemeriksaan berat badan, pemeriksaan gula darah sewaktu, pemeriksaan visus mata (ketajaman penglihatan) dan pemeriksaan mata sesuai keluhan.

Hal tersebut disampaikan oleh Dokter Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Barat Yonkav 10/Mendagiri Kodam XIV/Hsn, Lettu Ckm dr. Yudha Prasetya pada, Minggu (07/05/2023).

Kegiatan ini dapat memberikan pelayanan operasi katarak yang optimal, diperlukan beberapa skrining kesehatan untuk menentukan apakah pasien bisa melakukan operasi katarak atau tidak.

Dijelaskan, operasi katarak diperuntukkan bagi masyarakat di wilayah perbatasan secara gratis yang merupakan kerjasama antara Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Barat Yonkav 10/Mendagiri Kodam XIV/Hsn, Perusahaan Robert Bosch Indonesia, dan Yayasan Taruna Bakti Nusantara.

"Kerjasama diperuntukan untuk masyarakat penderita katarak diperbatasan NKRI-RDTL secara gratis atau tidak dipungut biaya," jelasnya.

Editor : Sefnat Besie

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut