get app
inews
Aa Read Next : Uskup Agung Kupang Berbagi Cerita dengan Alumni TOR Lela Tahun 1989

Amankan KTT ASEAN Summit, Tiga pesawat F-16 Disiagakan di Kupang

Selasa, 09 Mei 2023 | 13:22 WIB
header img
Tiga pesawat tempur F-16 disiagakan di Lanud Eltari Kupang untuk pengamanan Asean Summit. Selasa (09/05/2023). Foto : Eman Suni/Inews Tv

KUPANG, iNewsTTU.id-- Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke-42 tahun 2023, segera digelar di Labuhan Bajo, NTT, Indonesia, pada 9 - 11 Mei 2023. Sebanyak 8 pemimpin negara, dan satu PM serta Sekjen ASEAN dijadwalkan hadir.

Untuk menjaga agar pertemuan para pemimpin negara-negara ASEAN berjalan dengan aman, TNI AU menyiapkan operasi pengamanan VVIP/VIP di wilayah udara sekitar Labuhan Bajo, NTT.

Tiga pesawat tempur F-16 milik TNI Angkatan Udara (AU) tiba di Pangkalan Angkatan Udara (Lanud) El Tari Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), Selasa (9/5/2023) sekitar pukul 10.36 Wita.

"Pesawat itu bakal melakukan pemantauan dan pengamanan di wilayah udara selama pelaksanaan KTT ASEAN di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT)." ujar Panglima Koops Udara Nasional Marsekal Madya TNI M. Tonny Harjono kepada wartawan di Landasan Udara (Lanud) El Tari Kupang.

Marsekal Madya TNI M. Tonny Harjono menjelaskan, tiga pesawat itu ditempatkan pada tiga wilayah nanti.

"Pesawat tempur ini ditempatkan di tiga wilayah yaitu Lanud El Tari Kupang, dan Lanud Iswahyudi Madiun dengan masing-masing satu flight F-16, sementara untuk Lanud Sulatan Hasanuddin Makasar satu flight pesawat Sukhoi," katanya.

Tonny menerangkan pesawat angkut yang ada di Labuan Bajo disiagakan tiga pesawat Hercules yang berfungsi untuk mengevakuasi medis maupun personel. Termasuk dua pesawat helikopter VIP.

Editor : Sefnat Besie

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut