get app
inews
Aa Read Next : Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Barat Periksa Patok Negara, Jamin Kedaulatan NKRI

Koperasi TKBM Tenau Kupang Inisiator Diklat 103 Buruh Pelabuhan di NTT Kerjasama Dengan ABUPI 

Selasa, 18 April 2023 | 20:31 WIB
header img
Koperasi TKBM Pelabuhan Tenau Kupang, sebagai inisiator menggandeng TKBM Atapupu, Labuan Bajo, Wini, Lewoleba dan Alor berswadaya ikuti pendidikan dan latihan (diklat) Port Basic Safety and Security Training atau PBSST dari Asosiasi Badan Usaha Pelabuhan Indonesia. Foto : Ist

KUPANG,iNewsTTU.id-Guna menjawab tantangan pemerintah melalui surat Direktorat Jenderal Perhubungan laut agar tenaga kerja bongkar muat barang (TKBM) di pelabuhan seluruh NTT maupun Indonesia pada umumnya agar pekerja memiliki sertifikasi profesi, maka Induk Koperasi TKBM Pelabuhan (INKOP TKBM Pelabuhan) menghimbau kepada semua primer Koperasi TKBM Pelabuhan untuk mendiklatkan anggotanya guna mendapat sertifikat kompetensi TKBM. Hal ini mendapat tanggapan positif dari pengurus Koperasi TKBM pelabuhan Tenau Kupang sehingga menginisiasi pelaksanaan Diklat di Kupang dengan menghadirkan beberapa primer Koperasi TKBM di NTT yaitu Koperasi TKBM Pelabuhan Atapupu, KTKBM Pelabuhan Wini, KTKBM Pelabuhan Labuan Bajo, KTKBM Pelabuhan Lewoleba & KTKBM Pelabuhan Alor dalam Diklat angkatan pertama ini

Anggaran diklat ini sendiri berasal dari swadaya dana TKBM se- NTT untuk menyelenggarakan pendidikan dan latihan (diklat) Port Basic Safety and Security Training atau PBSST dari Asosiasi Badan Usaha Pelabuhan Indonesia sebagai asesor untuk para buruh di pelabuhan. Hal ini disampaikan Ketua Panitia penyelenggara Diklat sekaligus Ketua TKBM Pelabuhan Tenau Kupang Victoria Wewo dalam sambutannya di Hotel Kristal pada Selasa (18/4/2023).

Selanjutnya Victoria mengatakan Diklat sertifikasi bagi TKBM ini diikuti oleh 103 orang. Peserta diklat terbanyak datang dari pelabuhan Atapupu sebanyak 52 orang, Pelabuhan Tenau Kupang 32 orang, Labuan Bajo 11 orang, Wini 9 orang, Lewoleba 2 orang dan Alor 1 orang. 

Dijelaskan Victoria bahwa Diklat bagi 103 orang TKBM pada tahun 2023 ini murni swadaya dana dari induk Koperasi primer TKBM. Walau hingga kini TKBM di NTT belum mendapat sentuhan bantuan dari pemerintah sebagai unsur pembina bahkan stakeholder terkait di pelabuhan, namun mereka tetap semangat melaksanakan diklat ini, Jelas Ketua TKBM Pelabuhan Tenau Kupang dua periode ini.

Victoria juga menambahkan walaupun belum mendapat dukungan dana, tetapi TKBM sama sekali tidak menyerah. Sehingga selaku Ketua TKBM ia mengajak anggota TKBM untuk berupaya mandiri dan mau berubah sekaligus mengikuti arahan pemerintah. 

"Sebab pekerja pelabuhan itu sangat penting memiliki sertifikasi profesi sebagai bentuk legalitas mereka dalam bekerja," terangnya.

Editor : Sefnat Besie

Follow Berita iNews Ttu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut