get app
inews
Aa
Read Next : Paus Fransiskus akan Mengunjungi Indonesia dan Timor Leste pada September 2024

Paus Fransiskus Basuh Kaki Narapidana Muda pada Kamis Putih 2023

Jum'at, 07 April 2023 | 09:51 WIB
header img
Paus Fransiskus Basuh Kaki Narapidana Muda pada Kamis Putih 2023 (Foto: Media Vatican).

VATIKAN, iNewsTTU.id - Paus Fransiskus membasuh kaki 12 pemuda dan pemudi, narapidana di penjara remaja di Roma, selama Misa Perjamuan Tuhan pada hari Kamis, (06/04/2023).

Paus memimpin Misa yang disiarkan langsung untuk lebih dari 80 narapidana, keluarga, staf, dan penjaga di kapel pusat penahanan remaja Casal del Marmo di pinggiran Kota Roma.

Dalam homili spontan, Fransiskus merenungkan makna pilihan Kristus untuk membasuh kaki murid-muridnya.

"Mencuci kaki adalah kebiasaan saat itu," ujarnya.

Dia mengatakan, bahwa Yesus melakukan perbuatan ini untuk membantu murid-muridnya lebih memahami apa yang akan terjadi keesokan harinya pada penyaliban-Nya.

"Pelajaran yang harus kita ambil dari ini adalah untuk saling membantu. Yesus, hari ini, dengan perayaan ini, ingin mengajari kita hal ini: keluhuran hati,” lanjutnya.

Paus Fransiskus, yang berada di rumah sakit selama tiga hari minggu lalu untuk pengobatan bronkitis, tiba di penjara dengan Fiat putih. Dia dibawa ke dalam kapel dengan kursi roda dan selama Misa dia kebanyakan tetap duduk.

Di akhir homilinya, Fransiskus mengatakan akan mengulangi gerakan membasuh kaki Yesus sebagai pengingat pelajaran untuk saling membantu.

"Hidup lebih indah seperti itu. Saat membasuh kaki, Saya berharap sampai di sana karena Saya tidak bisa berjalan dengan baik saat membasuh kaki, pikirkan: Yesus membasuh kaki saya, Yesus menyelamatkan saya," ungkapnya.

"Seseorang mungkin berpikir, 'tetapi saya mengalami kesulitan ini. Itu akan berlalu! Tuhan ada di samping Anda dan dia tidak akan pernah meninggalkan Anda, tidak akan pernah. Pikirkan ini," ungkapnya lebih lanjut.

Setelah homili, Paus Fransiskus berjalan dengan bantuan tongkat ke tempat 10 pemuda dan 2 pemudi duduk di panggung dekat altar.

Panggung memungkinkan Paus untuk membasuh dan mencium kaki mereka tanpa jatuh ke tanah seperti yang telah dilakukannya di tahun-tahun sebelumnya.

Misa Perjamuan Tuhan, yang dipersembahkan pada malam Kamis Putih, menandai penetapan Ekaristi dan Misa oleh Kristus.

Editor : Sefnat Besie

Follow Berita iNews Ttu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut