get app
inews
Aa Read Next : Warga Serahkan Senjata Flintlock Milik Eks Pejuang Timor-Timur ke Komandan Satgas Sektor Barat

Mengenal Ritual Unik Treablumen Jelang Paskah di Timor Tengah Utara

Jum'at, 07 April 2023 | 08:41 WIB
header img
Mengenal Ritual Unik Treablumen Jelang Paskah di Timor Tengah Utara, saat penduduk mengusir roh jahat dari ume-mnasi. Foto: iNewsTTU.id/Sefnat

KEFAMENANU, iNewsTTU.id—Beragam tradisi dilakukan warga menjelang perayaan paskah oleh umat kristiani. di Timor Tengah Utara NTT ada satu tadisi warga jelang paskah, namanya Kure.

Rangkaian Tradisi Kure diawali dengan prosesi Treablumen, arti treablumen sendiri yang digelar oleh warga di Kampung Kote Kecamatan Noemuti artinya mengusir roh jahat dari “Ume Uis Neno

Prosesi usir roh jahat ini biasanya digelar pada hari Rabu sore hingga malam, pada saat lampu dipadamkan warga di Kampung Kote Desa Noemuti Kabupaten Timor Tengah Utara NTT mengelilingi rumah adat sambil berteriak dan memukul benda-benda sekeliling yang bisa menimbulkan bunyian sambil menyebut “poe rirabu uisneno tam”

“Bagi warga setempat, tradisi ini dinamakan ritual treablumen,  ritual trebluman sendiri  dalam kepercayaan warga kote noemuti  diyakini  sebagai upaya pengusiran roh jahat dari rumah adat atau ume-mnasi,”Ungkap Adrianus Sanam, ketua panitia  perayaan tradisi Kure.

Adrianus menambahkan, ritual pengusiran roh jahat atau trebluman ini merupakan salah satu dari sejumlah rangkaian ritual dari prosesi atau tradisi “kure” yang dilakukan warga  setempat yang terdiri dari 18 rumah adat atau ume-mnasi pada moment masa perayaan  paskah.

Editor : Sefnat Besie

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut