get app
inews
Aa Read Next : Kemlu Atur Tanggal Kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia

Berjasa Temukan 4 Asteroid yang Baru, Dinamai Paus Gregorius XIII dan 3 Pastor Jesuit

Jum'at, 24 Februari 2023 | 13:47 WIB
header img
Bagan yang menunjukkan asteroid yang dinamai Jesuit (Foto: Robert Macke SJ/Vatikan).

VATIKAN, iNewsTTU.id - Observatorium Vatikan mengumumkan minggu ini penamaan empat asteroid yang baru ditemukan setelah umat Katolik terkemuka, termasuk Paus Gregorius XIII, yang memulai tradisi astronom dan observatorium kepausan.

Christopher Graney, seorang ilmuwan di Observatorium Vatikan, mengatakan dalam siaran pers pada Senin (21/02/2023) bahwa Kelompok Kerja untuk Nomenklatur Benda Kecil (WGSBN) dari International Astronomical Union menerbitkan batch terbaru asteroid bernama pada awal Februari.

Asteroid yang baru diberi nama termasuk "560974 Ugoboncompagni," yang menghormati Ugo Boncompagni (1502–1585), Paus Gregorius XIII.

Paus Gregorius XIII menugaskan astronom Pastor Christopher Clavius, SJ yang juga memiliki asteroid yang dinamai menurut namanya — untuk mereformasi kalender pada abad ke-16, yang mengarah ke kalender Gregorian senama, yang masih digunakan sampai sekarang.

Tiga nama lainnya menghormati para imam Jesuit yang bekerja atau bekerja di Observatorium Vatikan.

“562971 Johannhagen” untuk menghormati Pastor Johann Hagen Jesuit (1847–1930), direktur Observatorium Vatikan dari tahun 1906 hingga 1930.

“551878 Stoeger” untuk menghormati Pastor Bill Stoeger, SJ (1943–2014), seorang ahli kosmologi dan teolog di Observatorium Vatikan.

Akhirnya, “565184 Janusz” menghormati Pastor Robert Janusz Jesuit (lahir 1964), yang saat ini menjadi staf observatorium.

Proses penamaan asteroid bisa memakan waktu puluhan tahun. Setelah asteroid ditemukan, ia diberi nomor penunjukan permanen setelah orbit objek ditentukan dengan cukup baik sehingga posisinya dapat diprediksi jauh ke masa depan.

“Pada titik ini, penemunya diundang untuk menyarankan nama untuknya. Nama hewan peliharaan atau nama yang bersifat komersial tidak diperbolehkan,” ujarnya.

Katanya, nama individu atau peristiwa yang terutama dikenal untuk kegiatan politik atau militer tidak dapat digunakan hingga 100 tahun setelah kematian individu atau terjadinya peristiwa tersebut.

“Hak penamaan tidak bisa dibeli. Nama yang diusulkan dinilai oleh WGSBN, yang terdiri dari 15 astronom profesional dari seluruh dunia dengan minat penelitian yang berhubungan dengan planet minor dan komet,” lanjutnya.

Graney mencatat bahwa para Pastor Katolik di masa lalu dan terus memberikan pengaruh pada dunia astronomi. Pastor Jesuit Giovanni Battista Riccioli (1598–1671), misalnya, mengembangkan sistem tata nama bulan yang masih digunakan sampai sekarang.

"Ketika misi Apollo 11 mendarat di bulan 'Sea of ​​Tranquility' pada tahun 1969, nama 'Tranquility' berasal dari Riccioli. Setidaknya lebih dari 30 asteroid sekarang menyandang nama Jesuit," kata Graney.

Editor : Sefnat Besie