Logo Network
Network

Profesor dan Peraih 2 Gelar Doktor Universitas Selesian Ditunjuk Jadi Prefek Perpustakaan Vatikan

Isto Santos
.
Rabu, 15 Februari 2023 | 08:30 WIB
Profesor dan Peraih 2 Gelar Doktor Universitas Selesian Ditunjuk Jadi Prefek Perpustakaan Vatikan
Pastor Mauro Mantovani, SDB (Foto: Istimewa).

VATIKAN, iNewsTTU.id- Paus Fransiskus menunjuk Pastor dari ordo Salesian Mauro Mantovani pada Selasa, (14/02/2023) sebagai prefek selanjutnya dari Perpustakaan Apostolik Vatikan.

Pastor Italia berusia 57 tahun itu menggantikan Pastor Cesare Pasini, yang menjabat sebagai prefek sejak 2007 dan telah berusia 73 tahun.

Sebagai prefek, Mantovani akan membantu mengelola perpustakaan Vatikan bersama Pengarsip dan Pustakawan Uskup Agung Angelo Vincenzo Zani, yang ditunjuk untuk peran itu pada September 2022.

Zani sebelumnya adalah sekretaris Kongregasi Pendidikan Katolik.

Perpustakaan Vatikan menyimpan ribuan manuskrip dan lebih dari 1 juta buku cetak, yang sebagian besar tersedia untuk dipelajari oleh para peneliti dan cendekiawan.

Mantovani, seorang anggota Salesian sejak tahun 1986 dan seorang imam sejak tahun 1994, adalah mantan rektor Universitas Kepausan Salesian di Roma dan saat ini menjadi dekan studi di universitas tersebut.

Dia memiliki gelar doktor dalam filsafat dan surat dan doktor kedua dalam teologi Thomistik. Dia telah menjadi profesor di Universitas Kepausan Salesian sejak 2007.

Imam itu juga anggota Akademi Kepausan St. Thomas Aquinas dan komite ilmiah dari Badan Evaluasi dan Peningkatan Mutu di Universitas dan Fakultas Gerejani (AVEPRO) Tahta Suci.

Iterasi modern dari Perpustakaan Apostolik Vatikan diyakini telah dimulai pada abad ke-14, meskipun terdapat bukti bahwa Gereja Katolik telah memelihara perpustakaan dan arsip sejak abad ke-4.

Kepausan pada tahun 1475 membuka perpustakaan dan arsip untuk dipelajari oleh para sarjana. Bahan arsip secara resmi dipisahkan dari perpustakaan pada awal abad ke-17 dan dipercayakan kepada Arsip Rahasia Vatikan (sekarang disebut Arsip Apostolik Vatikan).

Follow Berita iNews Ttu di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini