get app
inews
Aa Read Next : Sinar Oeledo FC Meraih Gelar Juara dalam Turnamen Sepak Bola Mini Soccer Danlanud El Tari Cup II

Ini Enam Wasit Sepak Bola Terbaik di Dunia

Minggu, 29 Januari 2023 | 07:29 WIB
header img
Pierluigi Collina, wasit asal Italia yang menjabat Ketua Komite Wasit FIFA merupakan salah satu wasit terbaik sepanjang masa. Foto : Ist

JAKARTA, iNewsTTU.id - Ada 6 wasit sepak bola terbaik sepanjang masa yang menarik diulas. Salah satunya menyambi jadi dokter gigi.

Dari sekian banyak wasit sepakbola ada 6 wasit yang bisa dikatakan paling terbaik lantaran punya ketegasan luar biasa. Siapa saja mereka

1. Pedro Proenca

Sejak debutnya menjadi wasit di tahun 2000, Pedro Proenca sudah memimpin selama 14 musim di berbagai kompetisi maupun liga.

Dia pernah memimpin Segunda Liga, Primeira Liga, Europa League, Liga Champions, Euro hingga Piala Dunia. Pedro Proenca sudah memimpin 268 laga dan mengeluarkan 1.445 kartu kuning dan 101 kartu merah. 


2. Frank De Bleeckere

Frank De Bleeckere adalah wasit asal Belgia. Dia mengawali debut sebagai wasit di kompetisi Belgian Pro League pada tahun 1995. Frank menjadi wasit hingga musim 2011/2012. Jumlah laga yang sudah dipimpin oleh Frank De Bleeckere yaitu 319 laga. 

Dari Keseluruhan laga yang dipimpin, Frank sudah mengeluarkan 987 kartu kuning dan 86 kartu merah. Jika dihitung, Frank rata rata 3 kartu kuning yang dikeluarkan tiap satu pertandingan. 

3. Pierluigi Collina

Wasit berikutnya adalah Pierluigi Collina. Wasit ini berasal dari Italia. Lahir pada 13 Februari 1960 di Bologna, Italia.

Selama 15 tahun menjadi wasit, Pierluigi sudah menjalani 348 Pertandingan. Selama 348 pertandingan itu Pierluigi mengeluarkan 1367 kartu kuning dan 128 kartu merah. Wajar saja jika Pierluigi dikenal dengan wasit yang tegas.

4. Nicola Rizzoli

Nicola Rizzoli adalah wasit asal Italia yang masuk ke dalam jajaran terbaik sepanjang masa. Wasit ini lahir pada 5 Oktober 1971 di Mirandola, Italia. Nicola menjalani debutnya pada tahun 2001 pada ajang kompetisi Serie B. 

Nicola sudah menjadi wasit selama 15 musim. Selama periode tersebut, Nicola sudah mengeluarkan 1.831 kartu kuning dan 113 kartu merah. Jika dirata-ratakan tiap pertandingan Nicola mengeluarkan 4 kartu kuning. 

5. dr. Markus Merk

Markus Merk merupakan wasit asal Jerman yang memiliki banyak pengalaman. Dia lahir di Kaiserslautern, Jerman pada 15 Maret 1962.

Markus mengawali kariernya sebagai wasit pada tahun 1985 di kompetisi Liga 2 Jerman. Markus menjadi wasit selama 24 musim dan sudah memimpin 548 pertandingan. 

Wasit asal Jerman ini telah mengeluarkan 1848 kartu kuning dan 129 kartu merah. Markus Merk menerima penghargaan wasit terbaik Jerman sebanyak 6 kali.

Selain itu dia juga 3 kali meraih penghargaan wasit terbaik IFFHS (International Federation of Football History). Fakta menarik lainnya, Markus Merk ini juga berprofesi sebagai dokter gigi. 

6. Bjorn Kuipers

Bjorn Kuipers merupakan wasit asal Belanda yang sudah berkiprah sejak tahun 1999. Dia lahir pada 28 Maret 1973 di Oldenzaal, Belanda.

Dia mengawali karirnya di Oberliga. Bjorn Kuipers sudah menjadi wasit selama 21 musim. Sepanjang kariernya dia telah memimpin 518 pertandingan serta sudah mengeluarkan 1717 kartu kuning dan 81 kartu merah.

Demikianlah 6 wasit sepak bola terbaik sepanjang masa. Pengalaman dan ketegasan yang membuat mereka dinobatkan sebagai wasit terbaik. (*)


 


Editor : Sefnat Besie

Follow Berita iNews Ttu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut