get app
inews
Aa Read Next : Putusan Praperadilan Jonas Salean Ditolak oleh Hakim: Dalil Pemohon Dinilai tidak Berdasar Hukum

Dua Personil Brimob Polda NTT Diberhentikan Tidak dengan Hormat

Sabtu, 14 Januari 2023 | 09:44 WIB
header img
Upacara Pemberhentian Tidak Dengan Hormat ( PTDH ) Dua personil Brimob Polda NTT. Foto : Ist

KUPANG, iNewsTTU.id- Komandan Satuan Brigade Mobil ( Dansatbrimob ) Polda NTT, Kombes Pol. Ferry Raimond Ukoli, memimpin upacara pemberhentian tidak dengan hormat (PTDH) dari kedinasan Polri terhadap dua orang personel Sarbrimobda NTT, di lapangan apel Brimob Polda NTT, Jumat (14/1/2023).

Kedua Personel yang di berhentikan secara tidak dengan hormat tersebut, sesuai dengan Keputusan Kepala Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Timur Nomor: Kep/755/XII/2022.

Kedua Personel masing-masing atas nama Bripka Aloysius Laga dan Bharada Yacobus Sarmento Berek, Keduanya terbukti melanggar kode etik profesi Polri.

Bripka Aloysius Laga merupakan anggota Pleton V Kompi 1 Yon B Pelopor yang mana ia melanggar Pasal 14 Ayat (1) Huruf A PP RI Nomor 1 Tahun 2003 dan/atau pasal 13 ayat (1) huruf g perkap nomor 14 Tahun 2011. Sedangkan Bharada Yacobus Sarmento Berek merupakan anggota Pleton I Kompi II Yon A Pelopor, ia melanggar pasal 14 ayat (1) huruf a PP RI Nomor 1 Tahun 2003 dan/atau pasal 21 ayat (3) e Perkap Nomor 14 Tahun 2011.

Adapun Pelanggaran Pasal 14 huruf a PP No. 1 tahun 2003, yaitu Meninggalkan Tugas secara tidak sah dalam waktu lebih dari 30 hari kerja secara berturut- turut.

Dalam upacara tersebut keduanya tidak hadir, sehingga dilakukan secara simbolis dengan menggunakan foto keduanya.

Dansatbrimob Polda NTT dalam amanatnya menyampaikan bahwa, upacara PTDH terhadap kedua anggota tersebut telah melalui proses secara sah dan diputuskan melalui sidang Komisi Kode Etik Polri (KKEP).

"Upacara PTDH untuk rekan kita, tidak semata-mata langsung jadi seperti sekarang tapi melalui proses dan pada akhirnya kedua teman kita harus di PTDH, tentunya ada pelanggaran yang dibuat dan sekarang kita menyelenggarakan PTDH, Sekali lagi kita sedih tapi ingat ini semua semata terjadi karna adanya pelanggaran," tambahnya.

Ia pun mengajak para personel Satbrimob Polda NTT untuk mempertahankan tugas yang sudah dijalankan dengan baik dengan terus disiplin.

"Mari kita pertahankan apa yang sudah baik, tentunya ini menjadi evaluasi bagi kita komandan batalyon dan komandan kompi untuk menjaga dan meminpin rekan-rekan kita, agar tidak memilih pilihan yang salah atau merugikan diri sendiri, "ajaknya.

"Ingat dulu masuk polisi susah sekali, jadi ingat kita harus hargai perjuangan yang begitu berat, oleh karena itu, kita sebagai keluarga besar Brimob yang ada di satuan Brimob Polda NTT semuanya harus selalu mengucap syukur, Jangan sia-siakan apa yang sudah Tuhan berikan bagi kita," tandas Dansatbrimob Polda NTT.(*)

Editor : Sefnat Besie

Follow Berita iNews Ttu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut