get app
inews
Aa Read Next : Kapolres Bersama Dandim 1621 TTS Pastikan Sinergitas TNI Polri Tetap Kuat di Timor Tengah Selatan

Babinsa Koramil Panite Dukung Pengolahan Lahan TJPS Milik Poktan Kiumnasi

Selasa, 15 November 2022 | 03:01 WIB
header img
Babinsa Koramil Panite Dukung Pengolahan Lahan TJPS Milik Poktan Kiumnasi.foto: iNewsTTU.id/Efraim

SOE, iNewsTTU.id-Bertempat di Dusun 1, Desa Toineke, Kecamatan Kualin, Kabupten TTS, Babinsa Koramil 1621-05/Panite Serda Jhoni Godlif Nesimnasi Bersama  Hery Ndruru (Pendamping Lapangan) Sabtu (12/11/22) berkolaborasi melakukan bakti kelompok TJPS dengan pengolahan lahan TJPS kemitraan milik Poktan Kiumnasi seluas 6,5 ha  dengan 1 unit traktor.

Serda Jhoni Godlif sebagai Babinsa menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Poktan Kiumnasi yang berpartisipasi efektif dalam menjalankan program TJPS ini.

 "Terima kasih karena sebagian dari kita yang sudah menyediakan waktu untuk program tanam jagung panen sapi ini, Kita mulai bersama-sama beberapa waktu lalu untuk membersihkan lahan ini saya kira bukan hal yang mudah,” Katanya.

Dijelaskan, dengan program TJPS perkiraan hasilnya panen jagung bisa sampai 7 ton untuk 1 hektar lahan, bahkan di beberapa wilayah hasil panen dapat mencapai 11 ton sedangkan Luas lahan Poktan Kiumnasi 6,5 ha bisa melebihi batas maksimum panen.

“Katakan 8 ton, kita jual Rp 3.000/kg, maka akan mendapatkan uang Rp.24 juta rupiah, kalau biaya kerja, pupuk dan lain-lain Rp 7 juta, maka keuntungan yang diperoleh Rp 17 juta. Nah uang Rp 17 juta itu bisa digunakan untuk beli sapi, itu yang dimaksud dengan program TJPS, bukan tanam jagung, yang tumbuh lagsung sapi,” Tambahnya.

Dengan demikian Babinsa Jhoni meminta para petani yang masuk dalam program TJPS untuk bekerja serius, untuk menyukseska kegiatan ini termasuk juga mengingatkan masyarakat akan pentingnya kerja sama dab berkolaborasi.

Editor : Sefnat Besie

Follow Berita iNews Ttu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut