get app
inews
Aa Read Next : Koordinator Komunitas Sto. Tomas Jakarta Sumbangkan 100 Paket Sembako di Dusun Banopo

Pakai Teknologi Geomembran, Garam Asal Ponu Berkualitas Premium

Kamis, 27 Oktober 2022 | 20:29 WIB
header img
Bupati TTU dan Tim Kementrian panen garam berkualitas premium Pakai Teknologi Geomembran.Foto: iNewsTTU/seth

KEFAMENANU, INEWSTTU.ID--Para pengusaha garam di SP1, Desa Ponu, Kecamatan Biboki Anleu, Kabupaten Timor Tengah Utara, NTT saat ini sedang menggunakan teknologi geomembran untuk mengolah air laut menjadi garam.

Hasil olahan garam menggunakan teknologi binaan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Timor Tengah Utara ini terbilang memiliki kualitas yang premium.

Saat panen perdana yang berlangsung di Lokasi tersebut, Direktur perencanaan dan perwujudan kawasan transmigrasi, Dirjen Pembangunan dan Pengembangan Kawasan Transmigrasi Kemendes PDTT RI, Bambang Widiatmoko mengakui garam yang diproduksi petani di Desa Ponu merupakan kualitas terbaik.

“Kualitas garam disini memang luar biasa bagus,"Kata Bambang Widiatmoko saat bersama Bupati TTU David Juandi melakukan panen garam perdana di tambak Garam milik Kelompok Usaha Garam Sinar Fat'naka, Rabu, 26/10/2022.

Sementara itu, dalam Laporan Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Timor Tengah Utara, Simon Soge menjelaskan, Proyeksi hasil produksi demplot garam yang ada dan dibangun saat ini menggunakan teknologi Geomembran HDPe.

Dijelaskannya, dengan menggunakan sistem Traping yang meliputi 1 Kolam Waduk, 4 kolam Pemenian dan lima meja produksi di mana pada setiap meja Produksi menghasilkan minimal 1,5 ton garam premium sehingga prediksi produksi dalam setiap minggu dari 5 (lima) meja garam tersebut dapat menghasilkan 7,5 sampai dengan 8 ton garam premium.

Editor : Sefnat Besie

Follow Berita iNews Ttu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut