get app
inews
Aa Read Next : Partai Gerindra Buka Pintu untuk Paket OASE Daftar Sebagai Bacagub-Bacawagub NTT

Ternyata Begini Sepak Terjang Yayasan Tunas Bakti Nusantara

Minggu, 07 Agustus 2022 | 10:30 WIB
header img
Ketua Yayasan Tunas Bakti Nusantara, dr. Teguh Dwi Nugroho, Sp.B, Foto. Ist

JAKARTA, iNewsTTU.id--Yayasan Tunas Bakti Nusantara, (YTBN) terus memprakarsai 3 (tiga) misi utama yaitu kesejahteraan (Bangun Nusantara), kesehatan (Sehat Nusantara), dan pendidikan (Inspirasi Nusantara). 

Bakti Nusantara menyinergikan berbagai potensi anak bangsa untuk bersatu aktif membangun Indonesia, bekerja sama dengan berbagai instansi, baik sipil maupun militer, di tingkat daerah dan nasional.

Bakti Nusantara adalah gerakan yang dilandasi oleh semangat kepedulian, kemanusiaan, persaudaraan, dan gotong royong, untuk mendorong pembangunan di wilayah tertinggal, terluar, dan terdepan Indonesia. 

Ketua Yayasan Tunas Bakti Nusantara, dr. Teguh Dwi Nugroho, Sp.B, dalam press realese yang diterima iNews.id, mengatakan kegiatan pertama Yayasan Tunas Bakti Nusantara, dilaksanakan di Dusun Aik Mual, Kabupaten Lombok Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat pada 2016. 

Selanjutnya pada 2017, Provinsi Nusa Tenggara Timur terpilih sebagai lokasi sasaran yakni di Desa Sekon, sebagai fokus, merupakan sebuah desa kecil di wilayah Kecamatan Insana, Kabupaten Timor Tengah Utara dengan membangun Gedung baru untuk SMPN Sekon. 

Lanjutnya, Adapun pada 2018, Bakti Nusantara memilih Kota Serang dan Kabupaten Pandeglang di Provinsi Banten sebagai lokasi kegiatan.

"Memasuki tahun keempat penyelenggaraan, pada 2019, Kampung Tua Segeram di Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau. Bakti Nusantara ingin mendukung pemerataan dan pembangunan manusia unggul di salah satu wilayah terluar Indonesia, sekaligus menguatkan penanda kedaulatan negara."ungkap Teguh Dwi Nugroho, Minggu, 07/08/2022.

Di tahun 2020, Bakti Nusantara membangun Asrama Yaro di SDN 1 Muko, Kabupaten Nabire, Papua. Asrama Yaro merupakan bentuk dukungan Bakti Nusantara terhadap pemerataan pendidikan generasi penerus di Papua. 

"Dengan adanya asrama ini, siswa-siswi SDN 1 Muko tidak perlu lagi melalui jalan terjal menembus hutan Papua untuk mendapatkan pendidikan yang layak." Tandasnya.

Untuk mendukung usaha pemerintah dalam menanggulangi dampak pandemi Covid-19 di Indonesia, pada tahun 2021, Bakti Nusantara berfokus pada program yang berorientasi pada Covid-19 di seluruh wilayah Indonesia. 

"Target utama kegiatan berkelanjutan Bakti Nusantara terdapat di enam wilayah binaan, yaitu Lombok Barat, Timor Tengah Utara, Pandeglang dan Kota Serang, Natuna, Nabire, dan Karang Asem serta melakukan survei ke lokasi 3T baru yg membutuhkan uluran kebaikan kita bersama."Imbuhnya.

Editor : Sefnat Besie

Follow Berita iNews Ttu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut