get app
inews
Aa Read Next : Waspada Jika Sering Kantuk Berlebihan, Bisa Jadi Tanda Masalah Kesehatan

YTBN Bersama Dinas Kesehatan Poso siap Bangun Pustu di Dusun Dongi-Dongi

Minggu, 21 Juli 2024 | 20:49 WIB
header img
YTBN Bersama Dinas Kesehatan Poso Siap Bangun Pustu di Dusun Dongi-Dongi. Foto: Istimewa

POSO, iNewsTTU.id – Tahun 2023 menjadi awal baru bagi pemulihan setelah dua tahun sebelumnya dunia dihadapkan dengan pandemi Covid-19 yang berdampak pada berbagai aspek kehidupan. Yayasan Tunas Bakti Nusantara (YTBN) terus berupaya hadir dan memberikan manfaat seluas-luasnya bagi masyarakat, khususnya di daerah 3T (Tertinggal, Terdepan, dan Terluar) di Indonesia. Pada tahun 2024, YTBN akan fokus pada pembangunan Puskesmas Pembantu (Pustu) di Dusun Dongi-Dongi, Desa Sedoa, Kecamatan Lore Utara, Kabupaten Poso, Provinsi Sulawesi Tengah.

Lokasi dan Aksesibilitas
Dusun Dongi-Dongi terletak di perbatasan Kabupaten Poso dan Kabupaten Sigi. Akses dari pusat Kabupaten Poso menuju Dusun Dongi-Dongi memerlukan waktu 5-7 jam menggunakan kendaraan roda empat, dikarenakan hanya terdapat satu akses jalan darat yang menghubungkan dusun ini dengan pusat pemerintahan. Kondisi geografis yang terjal dan akses transportasi yang terbatas mempengaruhi tingkat kesejahteraan serta terbatasnya akses masyarakat terhadap pelayanan dasar seperti kesehatan dan pendidikan.

Permasalahan Kesehatan
Dusun Dongi-Dongi menghadapi berbagai permasalahan kesehatan seperti status gizi rendah, kurangnya kesadaran akan pentingnya sanitasi, dan belum maksimalnya penanganan beberapa penyakit. Pelayanan kesehatan primer terdekat berada di Desa Wuasa yang berjarak sekitar 30 km dan harus ditempuh dalam 45 menit hingga 1 jam. Kondisi ini menjadi tantangan tersendiri bagi warga ketika menghadapi kondisi gawat darurat terkait kesehatan.

Selain itu, pengiriman bidan ke daerah Dongi-Dongi hanya dilakukan jika ada permasalahan medis, dan ketiadaan tenaga kesehatan tetap atau puskesmas jejaring menjadi aspek yang perlu dituntaskan. Kasus yang sering dijumpai di daerah ini adalah malaria, schistosomiasis (demam keong), ISPA, dan diare. Kondisi gizi buruk juga pernah ditemukan akibat penjaringan gizi yang kurang menyeluruh pada balita hingga remaja.

Inisiatif YTBN
Direktur Eksekutif Yayasan Tunas Bakti Nusantara, Ricky Adriyana Purnama, mengatakan bahwa selain pembuatan gedung Puskesmas Pembantu, YTBN bersama dengan AFC live science, dan Pemerintah Daerah Poso juga mempersiapkan berbagai program kesehatan berkelanjutan yang menyesuaikan dengan kebutuhan daerah tersebut. Diharapkan, Pustu yang dibangun akan berfungsi sebagai sarana promosi kesehatan yang lebih efektif bagi warga sekitar.

Harapan dan Tujuan
Dengan adanya Pustu di Dusun Dongi-Dongi, masyarakat setempat diharapkan dapat memperoleh akses kesehatan yang lebih mudah dan cepat. Selain penanganan medis, Pustu juga diharapkan dapat berfungsi sebagai pusat edukasi kesehatan, meningkatkan kesadaran tentang pentingnya sanitasi dan gizi, serta memberikan penanganan yang lebih baik terhadap penyakit-penyakit yang sering dijumpai di daerah tersebut.

Editor : Sefnat Besie

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut