get app
inews
Aa Read Next : Tragis, Danramil Pengayom Masyarakat Paniai Tewas Ditembak OPM

Punya Jejak Air Bah Nabi Nuh, yuk simak Danau Habema di Provinsi Baru Papua Pegunungan

Sabtu, 09 Juli 2022 | 12:35 WIB
header img
Danau Habema, danau tertinggi di Indonesia di Kabupaten Jayawijaya, Papua atau kini menjadi Provinsi Papua Pegunungan. (Foto : Instagram/ alenia259)

 

JAKARTA, iNewsTTU.id - Siapa sangka, Jejak Air Bah Nabi Nuh ada di Danau Habema merupakan sebuah danau yang terletak di Kaki Gunung Trikora, Kabupaten Jayawijaya, Papua.

Berdasarkan RUU Daerah Otonomi Baru (DOB) wilayah ini menjadi bagian dari provinsi baru yang diberi nama Papua Pegunungan dengan Jayawijaya sebagai ibu kotanya.
 
Danau ini merupakan salah satu yang tertinggi di Indonesia. Oleh masyarakat Dani, suku Jayawijaya, danau tersebut dianggap sebagai tempat keramat yang jadi sumber kesuburan dan kehidupan

Bahkan dengan keindahannya, Presiden Joko Widodo pernah mengendarai motor trail melintasi jalur Danau Habema yang juga dikenal sebagai danau di atas awan. Seorang ilmuwan Universitas Cenderawasih Marinus Yaung mengatakan, pemerintah mungkin harus merogoh saku yang cukup dalam untuk menunjang pembangunan di provinsi baru Papua Pegunungan. Akan tetapi, hasil akhir yang menanti sangatlah menjanjikan, terlebih untuk menjadi salah satu sumber devisa negara.

Menurut Yaung, ketika infrastruktur penunjang transportasi telah dibangun dengan sempurna di Papua Pegunungan, para wisatawan akan dimanjakan pemandangan yang menyerupai keindahan Pegunungan Alpen di Swiss ketika melalui jalur darat. Tak cukup sampai di sana, dia dengan semangat mengisahkan tentang Danau Habema seluas 224,35 hektare. Danau itu dia yakini merupakan peninggalan masa purba.

Editor : Sefnat Besie

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut