Logo Network
Network

Kisah Inspiratif Pejuang Kemanusiaan Erna Manafe Sang Pendamping Penderita Penyakit Langka

Rudi RR
.
Senin, 27 Juni 2022 | 19:39 WIB
Kisah Inspiratif Pejuang Kemanusiaan Erna Manafe Sang Pendamping Penderita Penyakit Langka
Anak penyakit langka Nita Nitiona dan Randi Lenamah asal Desa Bileon Kecamatan Noebeba Kabupaten TTS diapit Erna Manafe. (foto.Ist)


SOE, iNewsTTU.id--Erna Manafe merupakan salah seorang pemerhati masalah sosial kemanusiaan di Kota So'e, Kabupaten Timor Tengah Selatan, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Erna merasa terpanggil untuk mendampingi serta memberi harapan bagi mereka yang menderita penyakit langka.

Wanita kelahiran Rote, 26 Januari 1986 ini sejak bulan November 2021 lalu, lewat Yayasan Berbagi Kasih Mulia ( YBKM ) yang didirikannya, ia mendedikasikan dirinya untuk membantu orang- orang yang menderita penyakit langka bahkan ganas seperti tumor dan kanker.

Erna mengisahkan, awal kisah ia terpanggil untuk mengurus orang- orang sakit ini bermula dari anak bungsunya yang sakit sejak lahir atau menderita sakit bawaan, saat itu ia mengaku sempat terpukul akan kondisi anaknya tersebut, karena baginya kesehatan adalah hal utama dan sangat penting untuk hidup manusia, dan berawal dari anaknya yang divonis tidak akan bertahan hidup karena sakit yang dideritanya itulah membuat Erna bertekad untuk merawat anaknya serta menolong orang lain yang menderita jenis sakit langka dan penyakit ganas lainnya.

" Saat pertama kali melihat anak bungsu saya yang lahir tidak sempurna, disitu saya merasa terpukul, tetapi dari anak bungsu saya inilah saya termotivasi untuk berjuang merawat anak saya serta orang- orang lain yang menderita penyakit langka atau penyakit-penyakit ganas seperti kanker atau tumor". Jelas Erna.

Iapun menuturkan ada begitu banyak suka dan duka yang ia alami saat bekerja membantu orang- orang yang berpenyakit langka, diantaranya saat hendak menjemput pasien yang informasinya ia dapatkan melalui rekanan atau media sosial, kebanyakan mereka tinggal di desa- desa yang akses atau kondisi jalannya belum memadai, terutama ke kampung-kampung di pedalaman yang lokasinya sangat jauh.

Follow Berita iNews Ttu di Google News

Halaman : 1 2 3
Bagikan Artikel Ini