Bhaladika Smart Car, Solusi Pendidikan di Perbatasan RI-RDTL

*Sefnat Besie
Bhaladika Smart Car atau mobil pintar yang dirancang oleh personel Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Barat dari Yonarhanud 15/DBY menghadirkan inovasi pendidikan untuk siswa SD. Foto: iNewsTTU.id/Sefnat Besie


KEFAMENANU, iNews TTU.id--Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Barat dari Yonarhanud 15/DBY menghadirkan inovasi pendidikan melalui Bhaladika Smart Car, sebuah mobil pintar yang berfungsi sebagai perpustakaan keliling, untuk mendukung pendidikan di wilayah perbatasan.

Sasaran pertama Program ini adalah pada siswa SDN Fatumfaun, Desa Eban, Kecamatan Miomafo Barat, Kabupaten Timor Tengah Utara, dan disambut dengan antusias oleh seluruh siswa dan guru.

Dalam kegiatan tersebut, Lettu Arh Kharis Dwiyantoro, Perwira Seksi Teritorial (PA Siter), bersama lima anggota Mako Satgas, tidak hanya berinteraksi dengan siswa, tetapi juga memberikan motivasi dan mempromosikan pentingnya membaca sejak dini.

"Inisiatif ini merupakan bagian dari upaya meningkatkan literasi di daerah perbatasan,"kata Lettu Arh Kharis Dwiyantoro.

Bhaladika Smart Car dirancang khusus untuk membawa berbagai buku dan alat pembelajaran interaktif, memudahkan akses anak-anak di daerah terpencil terhadap bahan belajar yang berkualitas, yang selama ini sulit diperoleh.

Komandan Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Barat, Letkol Arh Reindi Trisetyo Nugroho, menegaskan bahwa kegiatan ini adalah wujud komitmen Satgas dalam mencerdaskan generasi muda di perbatasan. Ia berharap program ini dapat memotivasi anak-anak untuk belajar lebih giat dan memperluas wawasan mereka.

"Kegiatan ini merupakan bagian dari komitmen kami, Satgas Pamtas RI-RDTL, untuk turut serta mencerdaskan generasi penerus bangsa di perbatasan. Semoga melalui Bhaladika Smart Car ini, anak-anak dapat lebih termotivasi dalam belajar dan memperluas wawasan mereka,'ujarnya.

Para guru SDN Fatumfaun juga menyambut baik program ini, berharap agar kegiatan serupa dapat terus berlanjut untuk mendukung kualitas pendidikan di wilayah yang sering menghadapi keterbatasan fasilitas belajar.

Program Bhaladika Smart Car ini diharapkan menjadi solusi inovatif dalam meningkatkan mutu pendidikan di wilayah perbatasan Indonesia, khususnya di Desa Eban, sebagai bagian dari upaya pemerataan pendidikan di seluruh wilayah Tanah Air.

Editor : Sefnat Besie

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network