Delegasi Parlemen Muda Partai Golkar Kunjungi Tiongkok Bahas Kerjasama Bilateral

Eman Suni
Delegasi Parlemen Muda Partai Golkar melakukan kunjungan kerjasama bilateral ke Tiongkok, Rabu(31/07/2024). Foto: Istimewa

KUPANG,iNewsTTU.id-- Delegasi Parlemen Muda Partai Golkar melakukan kunjungan kerja bilateral ke Tiongkok pada tanggal 22 hingga 29 Juli 2024. Kunjungan ini bertujuan untuk memperkuat hubungan bilateral dan kerja sama antara Indonesia dan Tiongkok, khususnya dalam memperdalam kerja sama antar partai dan parlemen kedua negara.

 

Dalam keterangan tertulis yang diterima media, Delegasi ini dipimpin oleh Ketua Bidang Hubungan Luar Negeri Dewan Pimpinan Pusat Partai Golongan Karya (DPP Partai Golkar) dan Ketua Umum PPK Kosgoro 1957, Dave Akbarshah Fikarno Laksono. Anggota DPR RI terpilih dari Dapil NTT 2, Gavriel Putranto Novanto, turut serta dalam delegasi tersebut bersama Ahmad Labib, Tovan Maulana, dan Yonathan Baskoro.

 

Gavriel Novanto menyatakan bahwa pertemuan tersebut bertujuan untuk memperkuat hubungan bilateral antara Tiongkok dan Indonesia serta memperdalam kerja sama antar partai dan parlemen kedua negara. "Kami diundang oleh Partai Tiongkok untuk bertemu dan saling tukar gagasan bersama kongres setempat dan Kementerian Luar Negeri China," jelas Gavriel Novanto pada Selasa (30/7).

 

Selama kunjungan, delegasi mengunjungi beberapa kota, pabrik, dan pusat pemerintahan di Tiongkok, baik di tingkat pusat maupun daerah. Mereka juga membahas kerja sama dalam bidang pelatihan, percepatan transfer teknologi, dan peningkatan investasi dari Tiongkok ke Indonesia. "Kami juga membicarakan kerjasama seperti mendorong percepatan transfer teknologi atau menambah investasi dari Tiongkok ke Indonesia," tambah Gavriel Novanto.

 

Delegasi disambut dengan baik oleh pihak Tiongkok, dan diharapkan kunjungan ini dapat menjadi landasan untuk pengembangan sumber daya manusia di Indonesia serta meningkatkan teknologi menuju Indonesia emas 2045. "Pertemuan itu pastinya juga untuk mendorong energi baru terbarukan, pembangunan Electrical Vehicles (EV), juga diupayakan dan pemanfaatan sumber daya alam diharapkan bisa tepat sehingga tidak merusak alam secara luas akan, tapi justru menjaga biodiversity Indonesia," lanjut Gavriel Novanto.

 

Selain itu, delegasi juga berdiskusi mengenai Konsorsium Partai Politik Internasional dan peran kedua negara dalam mendorong perdamaian dunia, khususnya di Timur Tengah. Delegasi Tiongkok direncanakan akan mengunjungi Indonesia bersama Menlu Wang Yi untuk membahas isu geopolitik lebih lanjut.

 

Dalam pertemuan tersebut, program-program Presiden dan Wakil Presiden Indonesia terpilih, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka, juga menjadi topik diskusi. "Kita pun membahas bagaimana Pemerintah Tiongkok yang siap mendukung program-program pemerintah baru nantinya, seperti program makan bergizi gratis dan kedaulatan pangan," tutup Gavriel Novanto.

 

Kunjungan ini diharapkan dapat membawa dampak positif bagi hubungan Indonesia dan Tiongkok serta memperkuat kerjasama di berbagai bidang.

Editor : Sefnat Besie

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network