Satgas Yonkav 6 NK Raih Penghargaan LEPRID atas Rekor Literasi Bela Negara Terbanyak di Perbatasan

Isto Santos
Satgas Yonkav 6 Naga Karimata Raih Penghargaan LEPRID atas Rekor Literasi Bela Negara Terbanyak di Perbatasan RI-RDTL (Foto: iNewsTTU.id/Isto Santos).

Pihaknya berharap agar kedepannya pemerintah kabupaten TTU dapat menciptakan dan menyambut dengan baik upaya yang dilakukan oleh Satgas Yonkav 6 Naga Karimata, seperti dalam hal literasi budaya.

"Kemudian literasi juga tentang makanan makanan khas kita sendiri. Itu harus diberdayakan jangan sampai kita lebih mencintai makanan luar yang sebetulnya sifatnya sangat tidak mengadung kesehatan" tambahnya.

Menurutnya, ancaman tidak hanya berasal dari potensi konflik fisik dengan pihak lain, melainkan juga dari ancaman terhadap ketahanan pangan. Hal ini dipandang sebagai perang yang mungkin terjadi di masa depan.

Jika ada kesenjangan antara kemiskinan, kurangnya semangat belajar, dan kurang produktif dalam bekerja di dalam negeri, sementara negara tetangga memiliki tingkat pendidikan yang lebih baik, pola makan sehat, dan hasil pertanian yang berkualitas, hal ini dapat menjadi sumber konflik.

"Maka tadi literasi ketahanan pangan itu penting dan juga ketahanan mental dari anak-anak kecil sejak dini. Jadi bagaimana mereka harus mengerti tentang cinta tanah air, NKRI harga mati, buktinya apa untuk harga mati maka mereka juga tau dimana patok-patok negara kita, batasnya dimana kemudian budaya mereka." paparnya.

Jadi, jelasnya, Jadi, secara jelasnya, keberhasilan ini menjadi contoh yang baik untuk seluruh Indonesia, tidak hanya di perbatasan dengan Papua Nugini atau Malaysia, tetapi juga secara umum.

"Bukan sekedar kita kampanyekan fisik misalnya tapi juga mental anak anak di sekitar perbatasan juga harus diperhatikan," terangnya.

Editor : Sefnat Besie

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3 4

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network