Ganjar Pranowo Ditetapkan Sebagai Anak Sulung Keluarga Besar Nusak Termanu di Pulau Rote, NTT

Agung Bakti Sarasa/Sefnat Besie
Ganjar Pranowo mengunjungi Pulau Rote dan disambut meriah masyarakat serta tokoh adat setempat, Sabtu (2/12/2023). (Foto: Istimewa)

Ganjar Pranowo kemudian dianugerahi gelar Funu Keu, yang artinya adalah anak sulung satu-satunya lelaki di dalam keluarga. Dalam adat setempat, gelar ini memberikan makna menjadi pimpinan tertinggi dalam keluarga.

Sekretaris Adat Suku Folateik Nusak Termanu, Gentry Amalo, menjelaskan bahwa pengangkatan Ganjar Pranowo sebagai anggota keluarga besar Nusak Termanu telah berdasarkan keputusan Dewan Adat. "Kami anugerahkan gelar adat dengan nama perang, Yang Mulia Funu Keu," kata Gentry Amalo.

Ganjar Pranowo menyatakan rasa haru dan senang karena menjadi bagian dari masyarakat adat di Pulau Rote. "Saya terharu karena begitu luar biasa penyambutan masyarakat Rote," ujarnya. Menurut Ganjar, kunjungan ini bukan hanya sebagai agenda politik, tetapi juga sebagai bentuk menjaga moral dan kebudayaan Indonesia.

"Terima kasih. Pasti saya merindukan tanah ini untuk kembali," kata Ganjar Pranowo, menambahkan bahwa kegiatan ini memberikan pesan moral tentang ikatan batin sebuah keluarga.

Kunjungan ini diharapkan memberikan dampak positif dalam mendekatkan Ganjar Pranowo dengan masyarakat Pulau Rote, sekaligus memberikan gambaran inklusivitas dalam kebudayaan Indonesia

 

Editor : Sefnat Besie

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network