Pidato Perdana Mahfud MD sebagai Cawapres: Positioning Kuat untuk Pancasila Sebagai Ideologi Bangsa

Seth Besie
Pidato Perdana Mahfud MD sebagai Cawapres: Positioning Kuat untuk Pancasila Sebagai Ideologi Bangsa.Foto: ist

Kemajuan-kemajuan di era Jokowi telah mentransformasi kehidupan bangsa melalui pembangunan dari desa, infrastruktur, penguatan SDM melalui kesehatan dan pendidikan, serta penguasaan dan pengolahan sumberdaya alam demi sebesar-besarnya kemakmuran rakyat telah memberikan landasan yang kuat untuk transfornasi lanjutan yg berpusat pada Pancasila.

Majunya bangsa Indonesia, moderennya bangsa Indonesia tidaklah sama dengan maju dan moderennya bangsa-bangsa lain. Kamajuan bangsa Pancasila bukan saja khas Indonesia tetapi akan menjadi model alternatif bagi kemajuan bangsa-bangsa di seluruh dunia.

Sistem politik Pancasila, sistem ekonomi Pancasila, sistem pendidikan dan ristek Pancasila, sistem hukum Pancasila, sistem budaya Pancasila, dan seterusnya menjadi lahan untuk kolaborasi dan sinergi untuk perwujudannya. Untuk ekonomi yang baik perlu diarus-utamakan kembali koperasi yang telah diperjuangkan oleh Bung Hatta dan dicantumkan dalam UUD 1945.

Sistem ekonomi koperasi mencerminkan Pancasila, baik dalam arti bangun usaha koperasi maupun dalam arti semangat koperasi dan model usaha kooperasi, dalam suatu kolaborasi dan sinergi dengan usaha milik swasta dan usaha milik negara, milik daerah, dan milik desa.

Kepemilikan oleh semua, pengelolaan usaha dilakukan di bawah penilikan oleh semua. Semoga koperasi dapat menjadi badan usaha yang semakin diandalkan untuk perjuangan kesejahteraan sosal bagi masysrakat. Koperasi dapat tumbuh subur dengan tata kelola koperasi yang moderen dan tangguh berlandaskan Pancasila.

Sistem Pancasila adalah holistik, selaras, serasi, dan seimbang.  Sistem dunia demacam ini menjadi kebutuhan dunia saat ini karena  berbagai krisis dan konflik sosial-ekonomi-politik yang mengancam perdamaian memiliki kaitan dengan penerapan pandangan dunia yang sifatnya dualistik-partikularistik-individualistik-materialistik.

Cakrawala atau horison bagi pengelolaan bangsa dan negara di masa kini dan masa depan yang berpusat-Pancasila telah dibentangkan. Ide dan ikhtiar untuk mewujudkannya sekarang terbuka bagi semua. Kaum muda sebagai pemilik masa depan bangsa ditantang untuk mengambil peran penting.  

Dengan begitu, Bung Karno dan Bung Hatta serta para pendiri bangsa dengan cita-citanya akan senantiasa hidup di tengah-tengah bangsa kita. Bukan hanya melalui pribadi-pribadi seperti Ganjar Pranowo dan Mahfud MD tetapi suatu undangan yang terbuka bagi kita semua. Semoga.  

Penulis: Dr. Wilfridus B. Elu

 

Editor : Sefnat Besie

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network