get app
inews
Aa Read Next : Ini Lokasi Bandar Udara Pertama di Indonesia sebelum Soetta

Kisah Goa Boki Maruru di Halmahera Tengah: Surga Tersembunyi di Indonesia Bagian Timur

Senin, 26 Agustus 2024 | 14:56 WIB
header img
Goa Boki Maruru yang terletak di Desa Sagea, Halmahera Tengah, Maluku Utara, merupakan salah satu surga tersembunyi di Indonesia bagian timur. Foto: Ist

HALMAHERA TENGAH, iNewsTTU.id - Goa Boki Maruru yang terletak di Desa Sagea, Halmahera Tengah, Maluku Utara, merupakan salah satu surga tersembunyi di Indonesia bagian timur. Selain keindahannya yang menakjubkan, gua ini juga menyimpan kisah-kisah masyarakat setempat.

Nama Goa Boki Maruru berasal dari cerita rakyat setempat yang mengisahkan tentang "Gua Putri yang Menghanyutkan Diri." Konon, pada zaman dahulu di Sungai Sagea, ditemukan seorang putri dari Tidore yang sedang mandi dan terbawa arus ke hilir sungai.

Goa Boki Maruru menawarkan keindahan yang sangat memukau bagi para pengunjungnya. Kawasan wisata ini tidak hanya menyuguhkan pemandangan yang menawan, tetapi juga memberikan pengalaman penuh adrenalin.

Pengunjung akan disambut dengan dinding bebatuan tinggi, air yang sangat jernih, serta warna biru kehijauan yang menyegarkan mata. Di dalam goa, terdapat batu stalaktit yang menyerupai manusia bersujud.

Selain itu, pengunjung juga dapat menikmati berbagai fasilitas yang disediakan, seperti wahana paddle board, pelampung, gazebo untuk bersantai, toilet, ruang ganti, serta warung yang menawarkan berbagai jajanan.

Wisatawan juga bisa menggunakan perahu karet untuk menjelajahi Sungai Goa yang dikelilingi oleh batu kapur menjulang tinggi.

Selain Goa Boki Maruru, Halmahera Tengah juga memiliki destinasi wisata indah lainnya yang patut dikunjungi. Salah satunya adalah Pulau Moor. Menurut salah seorang warga Halmahera Tengah, Harris, Pulau Moor memiliki danau dan pantai yang sangat memanjakan mata.

"Pulau Moor memiliki petani kelapa yang aktif, serta garis pantai yang sangat halus, dengan pasir putih yang lembut. Bagi pecinta snorkeling dan diving, Pulau Moor menawarkan potensi bawah laut yang luar biasa dan terawat dengan baik," jelas Harris.


 

Editor : Sazili MustofaEditor Jakarta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut