get app
inews
Aa Read Next : Diduga Mabuk Miras, Oknum Polisi di Polres Sikka Tabrak Warga hingga Tewas

Gunung Lewotobi Laki-Laki di NTT Kembali Meletus

Selasa, 30 Juli 2024 | 08:12 WIB
header img
Gunung Lewotobi Laki-Laki di NTT Kembali Meletus, wisatawan untuk tidak melakukan aktivitas apapun dalam radius 3 kilometer. Foto: Istimewa

Flores Timur, iNewsTTU.id - Gunung Lewotobi Laki-Laki kembali meletus pada pagi hari ini, Senin (29/7/2024), sekitar pukul 09.33 Wita. Letusan tersebut menghasilkan kolom abu yang mencapai ketinggian 1.000 meter dari puncak gunung.

Gunung api yang berada pada status level III Siaga ini meletus dengan kolom abu berwarna kelabu dan memiliki intensitas tebal, condong ke arah barat laut.

Petugas Pos Pengamatan Gunung Api (PGA) Lewotobi Laki-Laki, Yohanes Koli Sorywutun, menyatakan bahwa erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 18,5 milimeter dan durasi sekitar 4 menit 46 detik.

Yohanes mengimbau masyarakat di sekitar Gunung Lewotobi Laki-Laki serta wisatawan untuk tidak melakukan aktivitas apapun dalam radius 3 kilometer dari pusat erupsi Gunung Lewotobi Laki-Laki dan Gunung Lewotobi Perempuan.

Selain itu, warga diharapkan menjauhi radius 4 kilometer ke arah sektoral utara-timur laut dan 5 kilometer pada sektor timur laut dari pusat erupsi.

"Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 18,5 milimeter dan durasi sekitar 4 menit 46 detik," kata Yohanes Koli Sorywutun dalam keterangan resminya.

Masyarakat diminta untuk selalu waspada dan mengikuti arahan dari pihak berwenang guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan akibat erupsi ini.

 

Editor : Sefnat Besie

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut