get app
inews
Aa Read Next : Paus Fransiskus Tunjuk Pater Paul Budi Kleden SVD Sebagai Uskup Agung Ende

Paus Fransiskus Memberkati Pallium 42 Uskup Agung Metropolitan di Dunia, Termasuk Mgr. Budi Kleden

Sabtu, 29 Juni 2024 | 06:18 WIB
header img
Paus Fransiskus sedang mengenakan Pallium pada Uskup Agung (Foto: Istimewa).

VATIKAN, iNewsTTU.id - Paus Fransiskus akan memimpin Misa istimewa di Basilika Santo Petrus di Vatikan untuk merayakan hari raya St. Petrus dan Paulus, sambil memberkati pallium untuk 42 Uskup Agung Metropolitan dari berbagai belahan dunia pada Sabtu, 29 Juni 2024.

Pallium, sebuah jubah gerejawi berbahan wol putih yang dihiasi dengan enam salib sutra hitam, merupakan simbol persekutuan dengan Tahta Suci dan tanggung jawab pastoral yang diberikan kepada para penerima.

Tradisi memberkati pallium oleh paus untuk uskup agung metropolitan dimulai pada abad keenam, menegaskan hubungan erat mereka dengan Tahta Suci dan peran penting mereka dalam struktur gerejawi Katolik. Setiap pallium yang diberkati akan ditempatkan di pundak masing-masing uskup agung metropolitan pada upacara hari ini.

Di antara penerima pallium tahun ini adalah Kardinal Uskup Agung Protase Rugambwa dari Tabora, Tanzania; Uskup Agung Paulus Budi Kleden, SVD, dari Ende, Indonesia; dan Uskup Agung Christopher J. Coyne dari Hartford, Connecticut, Amerika Serikat.

Editor : Sefnat Besie

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut