get app
inews
Aa Read Next : Penjabat Gubernur NTT Puji Kinerja Kalapas Kelas II A Kupang dan Kakanwil Kumham NTT

Serunya Bermain bersama Penyu di Kolam Alam Uisimu Pulau Semau

Minggu, 09 Juni 2024 | 09:10 WIB
header img
Seorang wisatawan bermain bersama penyu di Kolam Alam Uisimu. Foto : Ist

KUPANG,iNewsTTU.id- Bagi anda yang ingin berwista sekaligus mengenal satwa, salah satu tujuan wisata edukasi yang direkomendasikan adalah kolam Uisimu.

Kolam yang terletak di pulau Semau, Kabupaten Kupang ini adalah kolam penyu alami dengan air payau yang jernih. Kolam ini diapit rindangnya pepohonan dan batuan karang sehingga suasana terasa sangat sejuk dari panasnya cuaca.

Uisimu dalam bahasa Helong berarti kolam tempat meredam singkong hutan atau simu,  dahulu kolam ini tempat merendam singkong  selama lebih dari 7 hari oleh warga sekitar, bahkan ada warga bercerita singkong hutan yang beracun pun bisa dikonsumsi setelah direndam di kolam ini.

" Dulu kolam ini waktu kami kecil biasa orang tua kami rendam ubi di sini, namun sekarang karena sudah ada penyu maka tidak boleh lagi kakak," Ujar Eka seorang warga lokal.

Kolam alami ini terletak di Desa Otan, Kecamatan Semau, Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur. Dalam kolam alami ini hidup sejumlah ikan berukuran kecil-besar serta beberapa ekor penyu, yang dipercaya sebagai jelmaan penjaga kolam oleh warga sekitar.

Kolam ini tidak dalam dan kolam ini cukup aman untuk dipakai berenang, Letaknya hanya beberapa ratus meter dari pinggir Pantai Otan, sehingga sangat cocok untuk beristirahat sambil menikmati bekal yang dibawa, tapi jangan lupa tetap menjaga kebersihan. dilokasi ini jiga terdapat lopo dan tempat duduk untuk beristirahat juga toilet yang bersih. 

Untuk harga tiket masuk ke kolam penyu Otan hanya Rp.5 ribu per orang dan jika anda ingin berkunjung, dari Kota Kupang, anda harus menyebrang terlebih dahulu dengan kapal menuju Pulau Semau dengan jarak tempuh 15 menit dari pelabuhan Bolok atau Tenau, untuk selanjutnya menempuh waktu selama 30 menit menggunakan kendaraan untuk sampai ke kolam ini.

 

Editor : Sefnat Besie

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut