get app
inews
Aa Read Next : Bildad Thonak Daftar Calon Walikota Kupang dengan Seragam Advokat

KPU Kota Kupang Launching Tahapan Pilkada 2024

Sabtu, 27 April 2024 | 12:59 WIB
header img
Lanching Pilkada Kota Kupang tahun 2024 oleh KPU Kota Kupang. Foto : Ist

KUPANG,iNewsTTU.id- Ketua KPU Kota Kupang, Ismail Manoe bersama anggota komisioner lainnya melaunching tahapan Pilkada Kota Kupang, kegiatan yang berlangsung di Kantor Gubernur ini diikuti ratusan warga Kota Kupang. Sabtu (27/4/2024).

"Puji syukur kepada Tuhan kita bisa berkumpul di sini. Kegiatan peluncuran tahapan pemilihan walikota dan wakil Walikota ini merupakan starting point atau awal dari pergerakan kita dalam menjalankan tahan pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Kupang tahun 2024. Kami menjalankan kegiatan peluncuran saat ini dengan konsep kemeriahan untuk mengajak seluruh warga Kota Kupang bahwa sekalipun dalam Pilkada nanti ada unsur kompetisi dan kontestasi namun harus kita sambut dan maknai dengan meriah sehingga tidak membuat kita terpecah belah," Ujarnya.

Kegiatan launching ini juga ditandai dengan jalan sehat bersama seluruh Komisioner KPU dan warga masyarakat, lanjutkan dengan panggung hiburan.

"Semoga dari jalan sehat tadi kita memiliki tubuh yang  sehat,  dan pikiran yang waras, sehingga dalam menghadapi kontestasi pada pemilihan kepala daerah tahun 2024 kita bersatu tidak terpecah belah. Terimakasih untuk semua pihak yang telah mendukung berjalannya kegiatan ini terutama pemerintah Kota Kupang yang mendukung kami melalui dana hibah pilkada sesuai dengan apa yang kami butuhkan. Saya mengajak kita semua pihak saling berkolaborasi dan bekerja sama dalam tahapan pemilihan walikota dan wakil Walikota tahun 2024 agar berjalan dengan aman, lancar, tertib dan harmonis," Tambahnya.

Sementara itu Ketua KPU Provinsi NTT Jemris Fointuna mengatakan tahapan pemilu belum berakhir karena masih ada sidang di MK dan ia mengajak semua pihak untuk dapat menerima apapun keputusannya nanti.

" Tahapan pemilu belum berakhir, saat ini kami masih menjalani proses sengketa hasil di Mahkamah konstitusi, Kami berharap agar apapun keputusan dari Mahkamah konstitusi  dapat kita terima dengan bijaksana dan kami KPU siap untuk melaksanakan setiap keputusan yang di ambil oleh Mahkamah Konstitusi. Untuk tahapan pilkada, saat ini sementara berlangsung yakni  perekrutan badan Adhoc khususnya PPK dan bulan Mei kami akan ada tahapan penerimaan dukungan dari calon perseorangan, yang kami dengar ada 2 atau 3 calon perseorangan yang sudah berkonsultasi ke KPU Kota Kupang. Harapan kami mudah-mudahan semua persyaratan terpenuhi sehingga bisa ikut berkompetisi dalam pilkada kota Kupang ini. Untuk partai politik proses pendaftaran akan di lakukan tanggal 27 Agustus 2024,  persyaratannya setiap pasangan calon mendapatkan dukungan 20% dari partai politik, jika melalui akumulasi suara partai maka harus mendapatkan dukungan paling sedikit 25% dari suara sah pemilu terakhir 2024. Proses pendaftaran peserta pilkada berlangsung sebelum pelantikan anggota DPR kota Kupang yang baru maka kami menginformasikan bahwa hasil pemilu yang di gunakan untuk penghitungan alokasi kursi yakni menggunakan hasil pemilu 2024," Paparnya.

Ketua KPU Provinsi NTT berharap seluruh pihak dapat bergandengan tangan dan ikut bertanggung jawab atas jalannya pilkada karena bukan saja tanggung jawab penyelenggara, tapi sukses atau tidaknya tergantung bagaimana  membangun kerjasama dan kolaborasi yang baik dari semua mitra strategis yang ada. Dengan kehadiran semua pihak saat ini, pihaknya optimis pilkada kota Kupang tahun 2024 dapat berjalan dengan lancar. Jikalau ada dinamika dalam setiap tahapan ia mengajak untuk selesaikan bersama secara bijak dan demokratis. dan semua pihak diajak bergandengan tangan menyukseskan pilkada kota kota Kupang tahun 2024 dengan berpedoman pada undang-undang dan regulasi yang ada.

Sedangkan Penjabat Walikota Kupang Fahrensy Funay mengatakan atas nama Pemkot Kupang berterima kasih kepada KPU yang telah memulai tahapan Pilkada Kota Kupang, ia berharap Pilkada nanti dapat berjalan dengan aman dan lancar.

"Kita bersyukur di beri kesempatan untuk berada di sini mengikuti acara peluncuran tahapan pemilihan walikota dan wakil walikota Kupang tahun 2024 di kota kasih. Atas nama pemerintah kota Kupang, saya mengucapkan terima kasih kepada KPU Kota Kupang yang telah melaksanakan peluncuran pemilih kepala daerah Walikota dan wakil Walikota saat ini. Ini merupakan suatu kegiatan yang sangat bermanfaat bagi masyarakat Kota Kupang dengan mendapatkan informasi sekaligus sosialisasi terhadap pelaksanaan Pilkada yang akan di laksanakan pada tanggal 27 November 2024 mendatang di  37 provinsi dan 508 kabupaten/kota . Di samping itu saya atas nama pemerintah Kota Kupang menyampaikan terima kasih kepada seluruh penyelenggara pemilu yaitu KPU dan Bawaslu yang telah bekerja keras  melaksanakan tahapan pemilu tanggal 14 Februari 2024 baru-baru ini sehingga dapat terlaksana dengan baik, secara profesional dan independen," Pungkas Fahrensy.

Editor : Sefnat Besie

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut