Logo Network
Network

Satwa Komodo Serang Warga NTT, Lengan dan Kaki Nyaris Putus

Siprianus Robi/Sefnat Besie
.
Rabu, 03 April 2024 | 07:06 WIB
Satwa Komodo Serang Warga NTT, Lengan dan Kaki Nyaris Putus
Satwa Komodo Serang Warga NTT, Lengan dan Kaki Nyaris Putus Foto.Inews.id


LABUAN BAJO, iNewsTTU.id--Insiden menegangkan terjadi di sekitar daerah Loh Ginggo, Pulau Rinca, ketika seorang warga Pulau Komodo, Romansyah (39), menjadi korban gigitan hewan Komodo saat sedang mencari madu. Kejadian tersebut terjadi pada hari Selasa, 2 April 2024, sekitar pukul 15.00 WITA.

Kepala Basarnas Maumere, Supriyanto Ridwan, menyatakan bahwa pihaknya menerima laporan mengenai kejadian tersebut dari Staf Polair Labuan Bajo pada pukul 17.25 WITA. Tim SAR Gabungan segera dikerahkan ke lokasi kejadian menggunakan RIB Pos SAR Manggarai Barat yang dilengkapi dengan peralatan darurat dan tandu.

"Tim SAR Gabungan tiba di lokasi kejadian sekitar pukul 19.00 WITA dan langsung melakukan evakuasi korban ke Labuan Bajo," ujar Ridwan dalam keterangan tertulis.

Menurut Ridwan, korban mengalami luka gigitan Komodo di lengan, tangan, dan kaki, serta kondisinya lemas saat dievakuasi. Setelah tiba di Pelabuhan KSOP Labuan Bajo pada pukul 20.25 WITA, korban segera dibawa ke RS Siloam menggunakan ambulance RS Siloam untuk mendapatkan perawatan medis lebih lanjut.

Operasi evakuasi tersebut melibatkan unsur Tim SAR Gabungan, antara lain Rescuer Pos SAR Manggarai Barat, Lanal Labuan Bajo, Polair Labuan Bajo, KP2L Labuan Bajo, KSOP Labuan Bajo, Babin Kamtibnas Labuan Bajo, RS Siloam, dan masyarakat Pulau Rinca.

Insiden ini kembali menyoroti pentingnya keselamatan dan kehati-hatian ketika beraktivitas di sekitar habitat Komodo. Warga dan pengunjung diminta untuk mengikuti aturan keamanan yang berlaku demi mencegah terjadinya insiden serupa di masa mendatang.

 

Editor : Sefnat Besie

Follow Berita iNews Ttu di Google News

Bagikan Artikel Ini