Logo Network
Network

KM Dharma Kartika V Membuka Rute Baru Surabaya - Kupang

Eman Suni
.
Selasa, 13 Februari 2024 | 09:59 WIB
KM Dharma Kartika V Membuka Rute Baru Surabaya - Kupang
KM Dharma Kartika V mulai beroperasi dengan rute baru Surabaya - Kupang, Selasa(13/02/2024). Foto: Eman Suni/Inews Tv

KUPANG,iNewsTTU.id-- Kapal Motor (KM) Dharma Kartika V secara resmi memulai pelayaran perdana dari Pelabuhan Tenau, Kota Kupang. Kapal megah ini akan melayani rute penyebangan laut dari Pelabuhan Tenau Kota Kupang, Waingapu Sumba, Lombok, hingga Surabaya.

Dikemas dengan fasilitas yang sangat lengkap, KM Dharma Kartika V menjadi kapal yang sangat dinanti-nantikan. Dilengkapi dengan lapangan futsal, ruang gym, ruang bermain anak, kamar VIP, ruang baca, ruang karaoke, swalayan, dan restoran, kapal ini menawarkan pengalaman perjalanan yang nyaman dan menyenangkan bagi penumpangnya.

Peluncuran perdana pelayaran dari Kupang ke Surabaya dijadwalkan setelah pemilu pada tanggal 14 Februari 2024. Direktur Operasi dan Usaha PT Dharma Lautan Utama, Rahmatika Ardianto, menyatakan bahwa kapal ini akan memiliki jadwal tetap, yaitu setiap hari Sabtu berangkat dari Kupang ke Surabaya dan setiap hari Selasa berangkat dari Surabaya ke Kupang.

Fary Francis, mantan Ketua Komisi V DPR-RI, menyambut baik kehadiran kapal ini. Ia menyatakan bahwa permintaan untuk mendapatkan kapal penumpang dengan pelayanan yang ramah telah lama disuarakan oleh masyarakat, dan harapannya adalah kapal ini dapat membantu mengatasi masalah kenaikan harga tiket pesawat yang semakin mahal di wilayah Nusa Tenggara Timur.

KM Dharma Kartika V ini memiliki panjang 153 meter dengan kapasitas penumpang sebanyak 1.002 orang, serta fasilitas dua geladak kendaraan dengan total kapasitas 197 kendaraan, KM Dharma Kartika V siap mengantar penumpangnya dengan kecepatan hingga 27 knot. Namun, dalam operasionalnya, kapal ini akan menggunakan kecepatan sekitar 18 knot. Perjalanan dari Surabaya ke Kupang diperkirakan akan memakan waktu antara 48 hingga 50 jam, termasuk transit.

KM Dharma Kartika V menandai awal dari sebuah perjalanan baru, membangun hubungan yang lebih kuat antara Kupang dan Surabaya serta memperkaya pengalaman pelayaran bagi masyarakat Indonesia.

Editor : Sefnat Besie

Follow Berita iNews Ttu di Google News

Bagikan Artikel Ini