get app
inews
Aa Read Next : Uskup Agung Kupang Berbagi Cerita dengan Alumni TOR Lela Tahun 1989

Rapat Anggota Tahunan ke 33 Koperasi TKBM Pelabuhan Tenau Kupang Tahun Buku 2023

Selasa, 13 Februari 2024 | 06:29 WIB
header img
Kadis Koperasi, Tenaga Kerja dan Transmigrasi NTT, Silvya Peku Djawang memukul gong dibukanya RAT ke 33 Koperasi TKBM Tenau, disaksikan oleh Ketua TKBM Tenau Victoria Wewo (kiri). Foto : Ist

KUPANG,iNewsTTU.id- Koperasi Tenaga Kerja Bongkar Muat ( TKBM) Tenau Kupang, menggelar Rapat Anggota Tahunan ( RAT) ke 33 Tahun Buku 2023 yang berlangsung di Hotel Kristal, Selasa ( 6/2/2024).

Ketua Koperasi Tenaga Kerja Bongkar Muat ( TKBM) Tenau Kupang, Victoria Wewo kepada iNews.id, Selasa (13/2/2024) mengatakan RAT kali ini merupakan bentuk pertanggung jawaban pengurus dan pengawas kepada anggota atas program kerja yang sudah disepakati pada RAT tahun sebelumnya apakah sudah sesuai dengan apa yang diprogramkan.

 " Jadi RAT itu sebenarnya bentuk pertanggungjawaban pengurus dan pengawas kepada seluruh anggota atas program kerja yang sudah disepakati pada rapat tahunan sebelumnya, apakah berjalan sesuai dengan yang diprogramkan atau tidak, puji Tuhan kita bisa melaksanakan RAT setiap tahun dan dilaksanakan tepat waktu, sebagai perpanjangan tangan pemerintah kami pengurus TKBM akan terus berinovasi sesuai undang- undang untuk mensejahterakan anggota," Ujarnya.

Kepala Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Tenau Kupang, Simon Baon dalam sambutannya mengatakan keterampilan dan kemampuan kinerja anggota TKBM dan wajib menggunakan Alat Pelindung Diri ( APD) karena bersinggungan dengan besi dan beton.

“ Kita sadari dalam peningkatan keterampilan dan kemampuan kinerja PKBM  yang melakukan kegiatan masih perlu peningkatan kita perlu meningkatkan disiplin kerja dari etos kerja kita sebagai anggota TKBM dalam bekerja setiap hari dengan wajib menggunakan alat pelindung diri atau APD yang tadi disampaikan ibu Ketua TKBM. kami melakukan supervisi sesuai SOP atau Standar Operasional Prosedur dan selalu melakukan supervisi karena teman-teman bekerja di pelabuhan ini, teman-teman bersinggungan dengan besi dan beton," Terangnya.

GM Pelindo Regional 3 Cabang Kupang, Zanuar dalam sambutannya mengatakan pihaknya mengucapkan selamat kepada Koperasi TKBM atas RAT ke 33, dan Pelindo juga rutin melakukan evaluasi dan observasi di lapangan agar suasana kerja kita kondusif sesuai SOP.

" Selamat kepada TKBM atas RAT ke 33 hari ini, kami dari Pelindo akan terus bermitra dengan TKBM dan juga kami dari Pelindo terus melakukan evaluasi observasi di lapangan terus apakah semua sudah berjalan dengan baik dan sesuai,  misalnya jumlah untuk stevedoring tujuh, saya cek di lapangan bener tujuh jumlahnya, jangan sampai kurang nanti ini akan jadi temuan," Ujarnya.

Sedangkan Kepala Dinas Koperasi Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi NTT, Silvya Peku Djawang yang jadir sekaligus membuka RAT ke 33 Koperasi TKBM Tenau berpesan untuk terus meningkatkan kualitas dan terus menggunakan APD saat bekerja, dan terima kasihnya kepada ketua TKBM Tenau yang terus berbenah sehingga tahun ini zero accident atau bebas kecelakaan kerja di zona kerja TKBM Tenau, dan ia menitipkan pesan agar penurunan anggota koperasi dicermati dan ia berharap Sisa Hasil Usaha ( SHU) dibagikan secara merata kepada para anggota TKBM.

" Bapak-bapak semua sebagai pemilik dan pemanfaatan koperasi ada beberapa catatan, saya ingin sampaikan dan ini mungkin mengantarkan bapak-bapak semua ketika mempergunakan hak bicara untuk evaluasi RAT,  kalau kita cermati ada perbandingan antara 2022 dan 2023 dari sisi keanggotaan ada penurunan karena ada yang meninggal atau pensiun, tetapi kalau tadi saya mendengar dari awal bahwa 2023 tidak ada kecelakaan apapun, ini hal yang baik. mungkin kita perhatikan lagi soal keanggotan, karena dari aspek koperasi penurunan jumlah anggota itu adalah suatu hal yang sebenarnya perlu dicermati dengan baik, karena makin banyak orang mau berkoperasi atau memanfaatkan koperasi itu sebenarnya dari aspek kelembagaan itu sangat-sangat baik, dan dan saya yakin SHU yang ada akan diberikan kepada semua anggota secara merata," Ujarnya.

Ketua DPD K- SPSI Provinsi NTT, Stanis Tefa dalam sambutannya mengatakan, selamat atas pelaksanaan RAT ke 33 TKBM Tenau Kupang, sambil mengapresiasi kinerja TKBM Tenau yang nol kecelakaan kerja, sehingga kondisi ini harus terus dipertahankan.

" Selamat buat Ibu Victoria dan pengurus yang hari ini laksanakan RAT ke 33 TKBM Tenau, mari tingkatkan kualitas dan terus gunakan APD saat bekerja, terima kasih kepada ibu ketua TKBM Tenau yang terus berbenah dan puji Tuhan tahun ini kita zero accident atau bebas kecelakaan kerja," Ujarnya.

Sedangkan Ketua Dekompinwil Provinsi NTT, Domi Ancis menambahkan Seperti diketahui sesuai dengan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor. 60 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan dan Pengusahaan Bongkar Muat barang dari dan ke kapal, telah diatur bahwa kegiatan bongkar muat barang di pelabuhan harus dilaksanakan dengan menggunakan peralatan bongkar muat oleh Tenaga Kerja Bongkar Muat yang memenuhi standar laik operasi dan menjamin keselamatan pelayaran sehingga pengunaan APD sesuai SOP harus menjadi syarat mutlak.

" Kami sampaikan proficiat kepada pengurus dan pengawas  koperasi TKBM yang konsisten setiap tahun terus melakukan RAT, teruslah konsisten melaksanakan ini, di TKBM ada tiga kementrian dan TKBM harus mengikuti regulasi permenhub nomor 6 tahun 2014 tentang standar keselamatan bagi para tenaga bongkar muat, untuk itu kepada Ibu Victoria teruslah bekerja memegang SOP yang ada, dan sukses buat TKBM Tenau," tandasnya.

 

 

 

 

Editor : Sefnat Besie

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut