get app
inews
Aa Read Next : Kisah Fika Silvi Dokter Lapas Kelas II A Kupang, Merawat Kesehatan di Balik Jeruji Besi

Koperasi Solidaritas Sta. Maria Asumpta Gelar Pra RAT Tahunan Ke-32 di Kota Kupang

Selasa, 30 Januari 2024 | 13:50 WIB
header img
Koperasi Solidaritas Sta. Maria Asumpta Gelar Pra RAT Tahunan Ke-32 di Kota Kupang. Foto: istimewa

KUPANG, iNewsTTU.id--Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Solidaritas Santa Maria Asumpta, Cabang Utama Kota Kupang, menggelar Pra Rapat Tahunan (RAT) ke-32 Tahun Buku 2023. Lebih dari 1.000 anggota berkumpul di Hotel Cahaya Bapa untuk mengikuti acara tersebut.

Pra RAT ini menjadi platform bagi Pengurus, Pengawas, dan manajemen, termasuk General Manager KSP Solidaritas Sta. Maria Asumpta, Urbanus Reko, serta Plt. Manager Cabang Utama Kota Kupang, Elviana Monika Nona, untuk memaparkan pertanggungjawaban atas kinerja selama satu tahun buku. Tema acara kali ini adalah "Menjadi KOPDIT yang Mampu Memberdayakan Anggota Menuju Sukses bersama."

Pada pembukaan acara, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Kupang, Danberty E Ndapamerang, menyampaikan bahwa Kota Kupang memiliki 897 koperasi, dengan 607 kantor pusat di kota tersebut. Dari jumlah tersebut, 351 koperasi aktif, termasuk Koperasi Solidaritas Santa Maria Asumpta yang diakui sebagai salah satu dari 12 Koperasi Terbaik di kota.

Ketua KSP Kopdit Sta. Maria Asumpta, Yohanes Made Supadi, menekankan komitmen pihaknya dan manajemen untuk menjaga dan meningkatkan akuntabilitas tata kelola keuangan. Hasil audit dari Kantor Akuntan Publik Jakarta pada 3 Februari 2022, menyatakan bahwa koperasi tersebut mendapatkan hasil "Wajar dengan Pengecualian (WDP)."

Pemerintah juga secara rutin melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap KSP Kopdit Solidaritas, yang pada tahun lalu meraih skor 84,77 dan masuk dalam kategori "Sehat."

Di Tahun Buku 2023, cabang Kupang Kota mencatat kenaikan simpanan anggota sebesar 80,28%, setara dengan Rp33,8 Miliar, yang memungkinkan pembiayaan pelepasan pinjaman sebesar Rp 23,6 Miliar. Capaian SHU (Sisa Hasil Usaha) juga mengalami peningkatan signifikan, naik 34% menjadi Rp742.067.908.

Yohanes Made Supadi mengumumkan bahwa sekitar 60% dari SHU gabungan, sekitar Rp1,33 Miliar, akan dibagikan kepada anggota sesuai dengan kontribusi masing-masing setelah RAT pada tanggal 4 Februari 2024.

Editor : Sefnat Besie

Follow Berita iNews Ttu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut