get app
inews
Aa Read Next : KPU Sabu Raijua Ketok Palu Penetapan Anggota DPRD Terpilih Periode 2024-2029

Penanaman Pohon Serentak di Lanud El Tari Kupang untuk Kelestarian Lingkungan

Senin, 15 Januari 2024 | 08:27 WIB
header img
Penanaman pohon secara serentak seluruh Indonesia termasuk NTT, Senin (15/01/2024). Foto : Istimewa

KUPANG,iNewsTTU.id-- Lanud El Tari Kupang menjadi saksi dari momen bersejarah dengan dilaksanakannya Penanaman Pohon Serentak Seluruh Indonesia. Kegiatan ini dipimpin secara virtual oleh Wakil Presiden Ma’ruf Amin, yang berada di Kecamatan Tanara Kabupaten Serang Provinsi Banten.

 

Dalam acara ini, Pj. Gubernur NTT Ayodhia G.L. Kalake, Komandan Lanud El Tari Marsma TNI Djoko Hadipurwanto, serta Ketua PIA Ardhya Garini Cabang 14/D.II Lanud El Tari Ny. Nila Djoko Hadipurwanto turut hadir. Tidak hanya itu, kegiatan ini diikuti oleh Forkopimda, pimpinan OPD Provinsi NTT, Kepala UPT KLHK Provinsi NTT, generasi pencinta lingkungan Green Leadership Indonesia, Green Youth Movement, anggota Lanud EL Tari, dan siswa SMP Angkasa Lanud El Tari Kupang.

 

Pj. Gubernur NTT Ayodhia G.L. Kalake menyampaikan bahwa penanaman pohon ini bukan hanya sekadar aksi simbolis, tetapi juga memiliki dampak nyata dalam mereduksi panas dan menjaga kelestarian lingkungan. Dengan penanaman sebanyak 750 pohon, melibatkan jenis anakan seperti mangga, jeruk, jambu bol, jambu citra, jambu Kristal, klengkeng, pinang, palem, dan cendana, yang dilakukan pada lahan seluas 1,2 Ha.

 

"Kita melihat tadi dari seluruh unsur Forkopimda dan masyarakat bersatu padu disini untuk melaksanakan penanaman berbagai macam tanaman yang produktif. Kita harapkan ini bisa menjaga kelestarian lingkungan termasuk tanaman endemik yang ada di NTT yaitu cendana yang sudah ada bibitnya, kita tanam juga dan kita pelihara dengan baik,” kata Pj. Gubernur NTT.

 

Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat umum atas pelaksanaan program penanaman pohon. Dengan semangat baru yang dibangun melalui penanaman ini, diharapkan masyarakat terus terinspirasi untuk berkontribusi dalam menjaga bumi dan menciptakan kehidupan yang lebih baik. Penanaman pohon di Lanud El Tari bukan hanya upaya lokal, tetapi juga bagian dari gerakan nasional untuk kelestarian lingkungan.

Editor : Sefnat Besie

Follow Berita iNews Ttu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut