get app
inews
Aa Read Next : Thoby Uly minta Bacabup dan Bawacabup Sabu Raijua Profesional

Naga Karimata Mobile Water: Inovasi Unik Atasi Kekurangan Air di Perbatasan RI-RDTL

Jum'at, 05 Januari 2024 | 14:41 WIB
header img
Naga Karimata Mobile Water: Inovasi Unik Atasi Kekurangan Air di Perbatasan RI-RDTL. Foto: iNewsTTU.id/Seth


Manusasi, NTT, iNewsTTU.id - Dalam upaya mengatasi kesulitan warga di wilayah perbatasan dalam mendapatkan air bersih, Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Barat Yonkav 6/Naga Karimata menciptakan inovasi unik yang disebut Naga Karimata Mobile Water. Inovasi ini merupakan prakarsa langsung dari Dansatgas Mayor Kav Ronald Tampubolon.

Kondisi sulitnya akses ke air bersih di daerah perbatasan, disebabkan oleh infrastruktur jalan yang terbatas dan jarak yang jauh dari sumber air, menjadi permasalahan serius bagi warga setempat. Mobile Water Naga Karimata hadir sebagai solusi untuk mengatasi kendala tersebut.

Inovasi ini melibatkan modifikasi mobil truk yang dilengkapi dengan mesin penjernih air. Mobil ini memiliki kemampuan untuk menjelajah ke seluruh pelosok terpencil di wilayah perbatasan, membawa solusi air bersih kepada masyarakat.

Inisiatif ini menjadi bagian dari upaya Satgas Pamtas untuk memberikan bantuan langsung kepada warga di perbatasan RI-RDTL Sektor Barat, khususnya dalam pemenuhan kebutuhan air bersih.

Lettu Kav I Made Agum Wira Nugraha Pasi Intel Satgas, menyatakan bahwa Naga Karimata Water telah lolos uji klinis di BPOM Kota Medan, sehingga aman dikonsumsi oleh warga. Air yang dihasilkan memiliki tingkat kebersihan yang tinggi, dengan nilai pH dan TDS yang memenuhi standar kesehatan.

 “Salah satu manfaat utama dari Karimata Water ini untuk membantu warga sekitar dalam memberikan akses mudah untuk mendapatkan Air Bersih,”kata I Made Agum Wira Nugraha.

Inovasi Naga Karimata Mobile Water bukan hanya memberikan solusi praktis untuk kekurangan air bersih, tetapi juga mencerminkan komitmen Satgas Pamtas dalam membantu masyarakat di daerah perbatasan.

Langkah ini diharapkan dapat memberikan dampak positif dan kesejahteraan bagi warga yang berada di wilayah yang sulit dijangkau.

Editor : Sefnat Besie

Follow Berita iNews Ttu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut