get app
inews
Aa Read Next : Sinergitas TNI POLRI pada Operasi Keselamatan Turangga di Kota Kupang

Antisipasi Dini, TNI-Polri di Timor Tengah Selatan Tanam 1000 Anakan

Minggu, 10 Desember 2023 | 16:51 WIB
header img
Antisipasi Dini, TNI Kodim TTS dan Polres di Timor Tengah Selatan Tanam 1000 Anakan demi penghijauan dan cehah erosi. Foto:iNewsTTU.id/efraim


SOE, iNewsTTU.id--Sebagai respons terhadap ancaman potensial longsor dan banjir di wilayah Kabupaten Timor Tengah Selatan, TNI dari Kodim 1621 bersama jajaran Polres Timor Tengah Selatan mengambil inisiatif positif dengan mengajak komponen masyarakat untuk melakukan penghijauan melalui penanaman 1000 pohon. Inisiatif ini sejalan dengan perintah komando tertinggi dan dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia.

Dalam wawancara dengan iNewsTTU.id, Letkol Inf Shobirin, Dandim 1621 Timor Tengah Selatan, menjelaskan bahwa kegiatan penghijauan ini diinisiasi untuk mengantisipasi potensi bencana alam, terutama karena musim hujan yang telah dimulai. Lokasi penanaman dipilih di area Lapangan Tembak Brigif Kodim 1621 Timor Tengah Selatan, di Desa Oinlasi, Kecamatan Mollo Selatan.

"Kami melihat bahwa banjir dan longsor sering terjadi di mana-mana akibat hujan lebat, dan struktur tanah di Kabupaten Timor Tengah Selatan sangat labil. Oleh karena itu, TNI/POLRI mengajak komponen masyarakat dan OPD lainnya di kabupaten ini untuk melakukan penghijauan dengan menanam 1000 pohon," ungkap Letkol Inf Shobirin.

Kegiatan dimulai dengan apel bersama TNI/POLRI yang dipimpin langsung oleh Dandim 1621 TTS, Letkol Inf Shobirin.
Proses penanaman pohon dilaksanakan mulai pukul 07:00 Wota hingga pukul 09:00 Wita pada Jumat, 8 Desember 2023, di area Lapangan Tembak Brigif Kodim 1621 Timor Tengah Selatan.

Langkah ini merupakan bagian dari upaya bersama untuk mengurangi risiko bencana alam di wilayah tersebut dan mendorong partisipasi aktif seluruh masyarakat dalam pelestarian lingkungan.

Aksi serupa yang dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia diharapkan dapat memberikan dampak positif dalam menjaga kelestarian lingkungan dan mengurangi risiko bencana di masa mendatang

 

 

 

Editor : Sefnat Besie

Follow Berita iNews Ttu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut