get app
inews
Aa Read Next : Menikmati Kesegaran Mata Air Ei Mada Bubu di Sabu Raijua

Kolaborasi TNI dan Forkopimda Bersihkan Sampah di Pasar Inpres Soe

Minggu, 10 Desember 2023 | 14:01 WIB
header img
Kolaborasi TNI dan Forkopimda Bersihkan Sampah di Pasar Inpres Soe. Foto: iNewsTTU.id


Timor Tengah Selatan, iNewsTTU.id - Dalam upaya pencegahan wabah penyakit selama musim hujan, TNI Kodim 1621 Timor Tengah Selatan bersama Forkopimda melakukan karya bakti membersihkan sampah yang menyumbat saluran got di Pasaran Inpres Soe.

Kegiatan ini dilakukan untuk menghindari penyebaran penyakit melalui gigitan nyamuk akibat limbah sampah yang menumpuk lama dan banjir akibat tersumbatnya sampah pada saluran got.

Dandim 1621 Timor Tengah Selatan, Letkol Inf Shobirin, menjelaskan bahwa karya bakti ini dilakukan sebagai perintah dari pimpinan atas untuk mengajak masyarakat sekitar Pasar Inpres Soe, Forkopimda, dan OPD lainnya melakukan pembersihan lingkungan.

Pembersihan ini terutama ditujukan untuk membersihkan saluran got yang sudah lama tersumbat oleh sampah, sebagai langkah antisipasi terjadinya banjir pada musim hujan.

"Kegiatan karya bakti yang dilakukan TNI Kodim 1621 Timor Tengah Selatan bekerja sama dengan masyarakat sekitar adalah membersihkan saluran got yang tersumbat untuk mengantisipasi terjadinya banjir pada musim hujan. Dengan membersihkan sejumlah bak tempat penyimpanan sampah di sekitar Pasar Inpres Kota Soe, Kabupaten Timor Tengah Selatan," ungkap Letkol Inf Shobirin.

Ia juga berharap, masyarakat sekitar dapat menjaga kebersihan lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan, melainkan menyimpan atau membuangnya pada tempat yang telah disediakan. Hal ini diharapkan dapat mencegah penyebaran penyakit pada musim hujan yang disebabkan oleh jentik nyamuk.

Pantauan wartawan di lingkungan Pasar Inpres Soe pada Jumat, 8 Desember 2023, menunjukkan kegiatan pembersihan tempat pembuangan sampah dan saluran got dipimpin langsung oleh Dandim 1621 Timor Tengah Selatan. Seluruh anggota TNI Kodim 1621 terlibat aktif membersihkan saluran got yang tersumbat akibat sampah masyarakat yang sudah lama menumpuk. Setelah pembersihan, sampah diangkut ke tempat pembuangan.

Kegiatan ini merupakan upaya kolaboratif antara TNI, Forkopimda, dan masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan dan mencegah potensi penyebaran penyakit terutama pada musim hujan.

 

Editor : Sefnat Besie

Follow Berita iNews Ttu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut